Peran Tutor Bantu Kembangkan Pendidikan di Gorontalo

DULOHUPA.ID- Peran serta tutor dalam mengembangkan pendidikan di Gorontalo sangat dibutuhkan. Apalagi saat ini, sektor pendidikan merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia yang profesional, inovatif, tangguh, serta berintegritas dan berkarakter.

“Tutor adalah tenaga pendidik yang tugasnya cukup berat, dan FTPKN merupakan mitra pemerintah untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas,” ujar kata Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim saat melantik Dewan Pengurus Daerah Forum Tutor Pendidikan Kesetaraan Nasional (DPD-FTPKN) Provinsi Gorontalo untuk masa bakti 2020-2025 di aula Ambu Huyula Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Provinsi Gorontalo, Senin (23/11/2020).

Idris mengatakan, keberadaan FTPKN harus bisa menjadi wadah yang menghimpun seluruh tenaga pendidik kesetaraan. Ditegaskannya pula, FTPKN harus senantiasa mengembangkan kapasitas para tutor serta kualitas pembelajaran.

“Jadikan FTPKN ini sebagai wadah komunikasi dan interaksi positif bagi seluruh tutor dalam menyalurkan prakarsanya dalam mengembangkan kualitas pembelajaran kesetaraan,” tegasnya.

Terkait hal itu, Idri berpesan kepada pengurus FTPKN yang baru dilantik untuk segera melakukan konsolidasi organisasi dan menyusun program kerja yang disinergikan dengan visi Pemprov Gorontalo dalam mewujudkan masyarakat Gorontalo yang unggul, maju dan sejahtera.

“Pelantikan ini hanyalah seremonial semata, yang terpenting itu harus segera menyusun rencana aksi dan rencana hasil yang realistis dan terukur,” terang Idris.

Turut hadir pada pelantikan itu Kepala BP PAUD Dikmas Provinsi Gorontalo, Bambang Kunaidi. DPD FTPKN Provinsi Gorontalo masa bakti 2020-2025 diketuai oleh Raden Sahi.

Reporter: Siri