Untuk Indonesia

Pemprov Gorontalo Siapkan Lahan 40 Hektar untuk Pembangunan Secaba

Dulohupa.id- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo menyiapkan lahan 40 hektar untuk pembangunan Secaba atau sekolah calon bintara.  Lokasi itu berada di Desa Tabongo Barat, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo.

“Kita menyiapkan lahan pembangunan Secaba di Tabongo Barat ini seluas 40 hektar. Untuk lokasi awal di Desa Ilomata dibatalkan,” kata Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim saat meninjau lokasi tersebut, Jumat (29/1/2021).

Wagub menuturkan, lahan pembangunan Secaba merupakan Hak Guna Usaha (HGU) dari PT. Tilata. Dikatakanya, pemanfaatan lahan itu sudah mendapat persetujuan dari pemilik HGU dan saat ini prosesnya tinggal menunggu penyelesaian administrasi dari Pemkab Gorontalo.

“Kita bersyukur pemilik lahan sangat proaktif mendukung pembangunan Secaba. Jika proses administrasinya selesai, pembangunannya akan segera dilaksanakan oleh Korem 133/Nani Wartabone,” terang Wagub.

Baca Juga:  Pembangunan di Gorontalo Terancam Terhambat, Rusli Harap Dukungan BKM

Sementara itu Asisten Bidang Pemerintahan Kabupaten Gorontalo, Asri Tua, menjelaskan, penetapan awal lokasi pembangunan Secaba berlokasi di Desa Ilomata, Kabupaten Gorontalo. Tetapi dalam pelaksanaannya, pembangunan di lahan HGU PT. Molawahu itu menemui kendala dari pemilik HGU.

“Ada dua lokasi yang kami survei untuk lokasi baru pembangunan Secaba, yaitu di lahan milik UNG dan HGU PT. Tilata. Kami tetapkan di lahan HGU ini dan alhamdulillah sudah mendapat persetujuan dari pemilik, ibu Helena Ngabito,” tandas Asri. **

Comments are closed.