Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Pemerintah Kecamatan Tapa Tempuh Cara-Cara Ini Mengantisipasi COVID-19

Dulohupa.id – Pemerintah Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango, terus berupaya menekan penyebaran COVID-19 di wilayahnya.

Camat Tapa, Achril Y. Babyonggo kepada Dulohupa.id mengungkapkan bahwa upaya itu dilakukan dengan membagikan masker gratis kepada masyarakat, sosialisasi protokol kesehatan di setiap kegiatan pemerintahan, penyemprotan disinfektan di seluruh fasilitas publik, menyediakan tempat cuci tangan di tempat-tempat umum, hingga mendistribusikan berbagai bantuan pemerintah kepada warga yang terdampak Covid-19.

“Alhamdulillah, upaya-upaya untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 di wilayah Tapa sudah dan akan terus kami lakukan. Seperti membagikan masker kepada warga, penyemprotan disinfektan, sosialisasi protokol kesehatan dan mendistribusikan tempat cuci tangan di tempat-tempat umum. Kami juga terus mengawasi penyaluran segala macam bantuan kepada warga yang terdampak COVID-19,” ujar Achril Y. Babyonggo.

Achril mengungkapkan, bahwa menekan penyebaran COVID-19 sudah menjadi tugas utama dari pemerintah kecamatan Tapa sejak kasus pertama April 2020. Seluruh aparat di Tapa kata dia, diberi tugas tambahan untuk menangani penyakit yang disebabkan oleh virus SAR-COV-2 tersebut.

“Waktu kasus pertama COVID-19 di Gorontalo, kami langsung bergerak cepat. Saya langsung menginstruksikan seluruh aparat untuk sosialisasi kepada masyarakat agar tidak keluar rumah dulu kalau tidak ada urusan penting,” ujar Achril.

Lebih jauh kata dia, untuk mencegah rantai penularan COVID-19, pihaknya juga dibantu oleh pemerintah provinsi maupun kabupaten setempat. Selain itu, juga dibantu oleh aparat TNI dan Polri. Bahkan juga telah membentuk desa tangguh dan desa siaga.

Dua konsep desa ini kata dia, membantu dalam hal ketahanan pangan. Caranya, dengan mengembangkan usaha kecil dan kreativitas masyarakat, seperti budidaya ikan tawar, kebun berkonsep ketahanan pangan, pasar physical distancing dengan online, dan pembuatan bonsai kelapa.

“Seluruh desa di Tapa telah kami bentuk sebagai desa siaga dan tangguh melawan virus Corona. Semoga saja dengan langkah ini, Kecamatan Tapa bisa melewati masa krisis yang diakibatkan pandemi COVID-19,” tutup Achril.**

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Reporter: Mega