Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Pemerintah Ingatkan Masyarakat tentang Gelombang Kedua Lonjakan Kasus COVID-19

Dulohupa.id- Pemerintah Indonesia mengingatkan masyarakat akan gelombang kedua lonjakan kasus COVID-19. Sebab saat ini, fenomena gelombang kedua atau second wave ini juga telah terjadi di beberapa negara di dunia.

“Bahwa lonjakan kasus, merefleksikan kenaikan kasus aktif atau orang yang sakit, baik yang tengah menjalani isolasi atau dirawat akibat Covid-19,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam keterangannya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, belum lama ini.

Wiku mengungkapkan, menurut organisasi kesehatan dunia (World Health Organization/WHO) bahwa gejala akibat terpapar virus corona ini dapat dirasakan setelah 5 atau 6 hari. Atau juga, paling lama dapat dirasakan setelah 14 hari, bahkan terkadang tidak tampak sakit.

Kata dia, setidaknya dua istilah untuk membedakan pasien COVID-19. Yaitu asimtomatik yang berarti dapat menularkan tanpa menunjukkan gejala apapun, dan presimptomatik yang berarti orang yang masih dalam tahap pengembangan gejala atau berada dalam masa inkubasi.

“Hal ini fenomenanya juga terjadi di Indonesia. Berdasarkan hasil riset itu, apabila seseorang terlihat sehat, bukan berarti mereka terbebas atau tidak berada dalam kondisi sakit,” tambah Wiku.

Karenanya ia meminta masyarakat untuk terus menjaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan. Sebab, ancaman akan adanya gelombang kedua lonjakan kasus COVID-19. Lebih dari itu, efektifitas penekanan risiko penularan akan lebih maksimal dengan menerapkan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

“Saya himbau masyarakat jangan lengah, karena pandemi masih berlangsung. Dan saya apresiasi seluruh elemen, baik tenaga kesehatan, komunitas, pemerintah dan masyarakat karena kerjasamanya bisa bertahan di mas pandemi Covid-19 sampai sekarang,” Wiku menyampaikan.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Editor