Scroll Untuk Lanjut Membaca
AdvertorialPEMKAB POHUWATOPEMPROV GORONTALOPOHUWATO

Pemda Pohuwato Terima Kunjungan PJ Gubernur dengan Adat Mopotilolo

23
×

Pemda Pohuwato Terima Kunjungan PJ Gubernur dengan Adat Mopotilolo

Sebarkan artikel ini
Adat Mopotilolo
Pemda Pohuwato saat menyambut kunjungan Penjabat Gubernur Gorontalo Dengan Adat Mopotilolo. foto: Humas Pemda

Dulohupa.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Pohuwato bersama pemangku adat menerima secara adat Mopotilolo kepada Penjabat (PJ) Gubernur Gorontalo, Mohammad Rudy Salahuddin di rumah jabatan bupati.

Kedatangan Pj. Gubernur Rudy Salahuddin, bersama Ketua TP. PKK Provinsi Gorontalo, Djoewiaty Rudy Salahuddin, disambut Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga bersama Wakil Bupati, Suharsi Igirisa, Ketua TP. PKK Pohuwato, Selvi Mbuinga Monoarfa, Forkopimda Pohuwato, Sekda Iskandar Datau dan sejumlah pejabat daerah, Selasa (25/6/2024).

Prosesi adat ini menandai penerimaan resmi kepada Pj Gubernur Gorontalo oleh masyarakat Pohuwato, juga sebagai pejabat baru yang memimpin Gorontalo dan baru kali pertama datang ke Pohuwato. Disamping itu, acara Mopotilolo, yang merupakan tradisi adat Gorontalo, dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan penerimaan kepada pemimpin baru yang akan mengemban tugas di daerah tersebut.

Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Pj gubernur yang telah berkesempatan berkunjung ke Pohuwato, daerah yang berada di bagian barat Provinsi Gorontalo.

“Prosesi Mopotilolo ini merupakan warisan budaya yang sangat berharga bagi kita semua. Dengan adat ini, kita tidak hanya menunjukkan penghormatan kepada pemimpin baru, tetapi juga memperkuat rasa kebersamaan dan gotong royong di antara kita,” ujar Bupati Saipul.

Sebagai pejabat baru di Gorontalo, Bupati Saipul juga menyampaikan letak geografis Kabupaten Pohuwato yang berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Tengah. Kemudian terdiri dari 13 kecamatan, 101 desa, 3 kelurahan dan sepertiga luasnya dari luas Provinsi Gorontalo.