Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Pembangunan Pusat Jajanan di Limboto Tertunda Karena Pandemi

DULOHUPA.ID- Pembangunan pusat jajanan serbaada atau cafesera (food court) di kawasan Menara Pakaya Limboto, Kabupaten Gorontalo, hingga saat ini tertunda pengerjaanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Gorontalo, Romi Sahrain ketika dikonfirmasi mengungkapkan, bahwa realisasi bangunan hingga kini masih 80 persen, kendati pembangunan tersebut awalnya memang ditargetkan rampung pada 2020.

Romi pun mengungkapkan, lambatnya pengerjaan proyek tersebut diakibatkan oleh adanya pandemi COVID-19. Selain seluruh aktivitas proyek dihentikan, juga karena adanya pengalihan fokus anggaran atau refocusing anggaran.

Apalagi, keuangan dari pihak kontraktor tidak memungkinkan untuk melanjutkan pembangunan cafesera tersebut.

“Pihak kami berharap, di akhir tahun 2020, pembangunannya selesai, tapi adanya refocusing anggaran, jadi terhambat. Meskipun saat ini pihak ke tiga menggunakan dana pribadi mereka,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (16/11).

Sebetulnya kata Romi, sebelum pandemi COVID-19 mewabah, pihaknya telah lebih dulu mencairkan anggaran pembangunan cafesera tersebut kepada kontraktor sebesar 30 persen. Sementara sisanya, sebesar 50 persen menggunakan dana kontraktor itu sendiri. Namun karena adanya refocusing anggaran, sehingga proyek tersebut untuk sementara dihentikan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Gorontalo, Romi Sahrain ketika dikonfirmasi mengungkapkan, bahwa realisasi bangunan hingga kini masih 80 persen, kendati pembangunan tersebut awalnya memang ditargetkan rampung pada 2020/DULOHUPA.ID-Fandiyanto Pou

“Saat ini pihak kami melanjutkan kontraknya sampai tahun depan dan pastinya pembayaran yang menggunakan dana pribadi akan segera di tuntaskan tahun 2021 sesuai dengan kontrak yang di setujui bersama,” kata Romi.

Lanjut Romi, “mudah-mudahan di tahun kedepan, keuangan sudah lancar, karena pemerintah daerah ingin secepatnya ingin menyelesaikan pembangunan-pembangunan yang saat ini tertunda,” tutup Romy.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Reporter: Fandiyanto Pou