Scroll Untuk Lanjut Membaca
KOTA GORONTALOPEMKOT GORONTALO

Pelaporan BMD Sesuai PP 47 Tahun 2021 Mulai Disosialisasikan

123
×

Pelaporan BMD Sesuai PP 47 Tahun 2021 Mulai Disosialisasikan

Sebarkan artikel ini
Ismail Majid, Sekda Kota Gorontalo saat memberikan sambutan pada kegiatan Sosialisasi PP Nomor 47 Tahun 2021/Humas

Dulohupa.id – Pemerintah Kota Gorontalo menggelar sosialisasi pelaporan Barang Milik Daerah (BMD) sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 47 Tahun 2021, Rabu (30/3/2022).

Sosialisasi ini, kata Wali Kota Gorontalo melalui Sekertaris Daerah, Ismail Majid, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 47 Tahun 2021 tentang tata cara pelaksanaan pembukuan, inventarisasi, dan pelaporan BMD. Dan juga berlangsung bimbingan teknis penerapan e-BMD bagi pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pejabat penatausahaan barang atau pengurus barang.

Ismail juga mengungkap, sosialisasi ini bertujuan untuk peningkatan kualitas SDM dalam setiap pembukuan termasuk pelaporan BMD.

“Sosialisai PP Nomor 47 Tahun 2021 ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM dalam pengelolaan pembukuan, termasuk juga inventaris dan pelaporan BMD. Kenapa ini penting, karena dalam setiap tahunnya sistem mengalami perubahan sehingga perlu adanya sosialisasi,” ungkap Ismail pada sambutannya.

Lebih lanjut Ismail menerangkan, dinamika adaptasi aparatur terhadap penyelenggaraan pemerintahan merupakan hal yang harus dipenuhi untuk mendongkrak kinerja pemerintah daerah dalam urusan pembukuan.

“Sudah sepatutnya kita berkomitmen dalam menciptakan birokrasi yang tertib dalam administrasi, sehingga mampu menciptakan sistem yang terstruktur dan terorganisir dengan baik,” ujar Ismail.

Pada kesempatan tersebut juga, Ismail memberikan apresiasi terhadap seluruh OPD yang telah berpartisipasi. Menurutnya, kegiatan seperti ini harus sering dilaksanakan guna memberikan update pengetahuan terhadap perubahan sistem yang ada. (Adv)

Reporter: Reinaldi Julfirman