Scroll Untuk Lanjut Membaca
AdvertorialDEPROV GORONTALOGORONTALO

Paris Jusuf Sebut SILOKDES Jadi Peluang Luar Biasa bagi Kades

36
×

Paris Jusuf Sebut SILOKDES Jadi Peluang Luar Biasa bagi Kades

Sebarkan artikel ini
Silokdes
Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Paris Jusuf saat memberi sambutan pada Sosialisasi Aplikasi SILOKDES. Foto : Humas Deprov

Dulohupa.id – Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Paris Jusuf menghadiri Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Desa (SILOKDES) yang digelar Kejaksaan Tinggi Gorontalo di Aula Lantai III Kejaksaan Tinggi Gorontalo, Selasa (30/5/2023).

SILOKDES merupakan sebuah inovasi Kejaksaan Tinggi Gorontalo yang bertujuan untuk mempermudah dan mengoptimalkan fungsi pengawasan atau fungsi kontrol terhadap penyaluran dan penggunaan dana desa. Aplikasi ini belum pernah diadakan di daerah lain.

Paris Jusuf menyebut Aplikasi SILOKDES adalah upaya yang luar biasa yang dilakukan oleh pihak Kejaksaan Tinggi. Menurutnya, ini termasuk inovasi yang terbesar dan satu-satunya di Indonesia.

“Tentunya ini merupakan peluang yang luar biasa bagi kepala desa, selama ini mungkin kepala desa enggan untuk berkonsultasi dengan pihak kejaksaan, oleh karena itu, pihak kejaksaan akan turun langsung memberikan pemahaman terhadap sistem ini,” jelas Paris saat diwawancarai usai hadiri Sosialisasi Aplikasi SILOKDES.

Hal ini diharapkan agar jadi bahan pertimbangan bagi kepala-kepala desa dalam mengelola dana desa, seperti Alokasi Dana Desa (ADD) dan sebagainya, agar bisa mengembangkan desa, sehingga desa bisa mendapatkan PAD-nya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo, Purwanto Joko Irianto menyebut bahwa program SILOKDES ini merupakan bentuk partisipasi yang dilakukan untuk membangun negeri dari desa.

“Yang pasti aplikasi ini adalah perangkat upaya pencegahan, jangan sampai ada tindak pidana korupsi. Kalau sudah kami berikan beberapa layanan tapi masih ada yang gelap mata, baru akan kami lakukan penindakan,” tandasnya.

Reporter: Zia