Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Para Pihak Diminta Tak Lengah dengan COVID-19

DULOHUPA.ID- Pada beberapa waktu yang lalu, Provinsi Gorontalo berdasarkan data Kemenkes RI, dinyatakan sebagai daerah dengan kasus COVID-19 terendah Se-Indonesia. Meski begitu, dengan pencapaian tersebut, masyarakat maupun seluruh pemangku kepentingan terlebih tenaga kesehatan, diminta tak lengah.

“Fenomena bencana non alam ini belum 100 persen berhasil ditangani, bila (tenaga kesehatan) lengah maka bisa berpotensi terjadi penularan bahkan timbul klaster baru COVID-19,” kata Wakil Ketua I DPRD, Irwan Dai, Jumat (20/11/2020).

Selain tenaga kesehatan, ia juga meminta masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan. Sebab, efektivitas penekanan risiko penularan akan lebih maksimal dengan menerapkan 3M, yakni Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan.

“Masyarakat juga saya imbau jangan lengah ya, karena pandemi masih berlangsung. Kita jaga keluarga, dimulai dari diri sendiri,” pesan Irwan.

“Saya pun mengapresiasi seluruh stack holder, baik tenaga kesehatan, komunitas, pemerintah, guru, tokoh adat, polisi, TNI, dan masyarakat karena kerjasamanya bisa bertahan di masa pandemi Covid-19 sampai sekarang,” tambah Irwan.

Sementara itu, secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir menyampaikan, hingga saat ini pihaknya terus melakukan edukasi melalui tenaga kesehatan yang tersebar di rumah sakit dan seluruh puskesmas.

“Tenaga kesehatan masih terus berjuang. Status daerah pun sekarang tidak lagi pada zona merah, turun jadi zona kuning. Zona kuning memang ada infeksi, tapi kategorinya ringan,” kata Roni.

Senada dengan Irwan, Roni pun berharap masyakarat tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Kuncinya ada pada diri sendiri, tetap patuh pada standar protokol kesehatan. Dan jangan lupa pesan mama, mencuci tangan, menjaga jarak serta menjaga jarak,” harap Roni.

Ia menambahkan, per 31 Oktober Dinas Kesehatan menerima hasil pemeriksaan swab test sebanyak 18 orang. Dari jumlah tersebut hanya satu orang yang dinyatakan positif COVID-19.

“Artinya, melihat hasil itu perkembangan COVID-19 di Kabupaten Gorontalo terus menurun dengan angka kesembuhan terus meningkat,” tandas Roni.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Reporter: Mega