Scroll Untuk Lanjut Membaca
AdvertorialGORONTALOPEMPROV GORONTALO

Mentan di Gorontalo: Jaga Pompanisasi agar bisa Tanam 3 Kali Setahun

32
×

Mentan di Gorontalo: Jaga Pompanisasi agar bisa Tanam 3 Kali Setahun

Sebarkan artikel ini
Mentan Gorontalo
Menteri Pertanian, Amran Sulaiman saat melihat uji coba pompa air yang digunakan petani di Bone Bolango. Foto/Kementan

Gorontalo Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman meminta para petani di Provinsi Gorontalo menjaga semua fasilitas pompa (pompanisasi) yang diberikan pemerintah untuk mendukung peningkatan produktivitas hingga 3 kali dalam setahun.

Menurut Mentan, pompa adalah solusi cepat yang bisa digunakan petani disaat Indonesia tengah dilanda kekeringan panjang.

“Saya senang melihat pompa sudah beroperasi. Kalau masih ada lahan yang belum ada pompanya, kemudian disitu ada airnya, maka kami akan siapkan pompa berapapun yang diminta. Tapi ingat, semua ini harus dijaga,” ujar Mentan saat meninjau kegiatan pompanisasi di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Kamis, 30 Mei 2024.

Mentan mengatakan peningkatan produksi di Provinsi Gorontalo harus menjadi pemicu bagi daerah lain untuk sama-sama memperkuat pangan bangsa. Sebab menurut dia, pertanian adalah roda bagi perputaran ekonomi dan kesejahteraan petani.

“Saya senang karena dengan pompa IP yang tadinya hanya 1 bisa menjadi 3. Bayangkan kalau ini berhasil dilakukan di semua daerah, tentu bisa meningkatkan kesejahteraan petani dan juga bisa meningkatkan pendapatan mereka hingga 3 kali lipat,” katanya.

Mengenai hal ini, Mentan mengaku optimis bahwa kegiatan pompanisasi di Gorontalo bisa memperkuat swasembada dan juga Indonesia lumbung pangan dunia. Dengan begitu, masyarakat tak perlu khawatir akan kekurangan pangan karena mampu tercukupi dari hasil produksi dalam negeri.

“Insyaallah nanti kita akan tambah dengan alat musim pertanian supaya produksinya semakin meningkat. Dan saya yakin Gorontalo bisa swasembada serta mensuplai provinsi tetangga,” katanya.