Menpora ajak Guru Olahraga Percaya Diri Bentuk SDM yang Tangguh

oleh -253 Dilihat
Guru Olahraga
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali didampingi Penjagub Hamka Hendra Noer, silaturahim dengan Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) Kabupaten Boalemo bertempat di Pendopo Kanto Bupati. (Foto/Diskominfo)

Dulohupa.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali mengajak guru olahraga agar percaya diri untuk membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang tangguh, sehat jasmani rohani dan mampu bersaing dengan negara lain.Me

Hal itu ditekankan Menpora saat silaturahim dengan Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) Kabupaten Boalemo, Gorontalo bertempat di Pendopo Kanto Bupati, Minggu (23/1/2023).

Pertemuan dengan ratusan guru olahraga itu ikut dihadiri oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer dan Penjabat Bupati Boalemo Hendriwan.

Menpora menjelaskan, pembentukan IGORNAS di seluruh daerah sebagai upaya untuk meningkatkan harkat, martabat serta kepercayaan diri guru olahraga seluruh Indonesia. Selama ini kata dia, guru olahraga cendrung dimarjinalkan jika dibandingkan dengan guru mata pelajaran lain.

“Biasanya guru olahraga itu tidak seperti guru mata pelajaran lain. Tidak menjadi guru yang utama. Mohon maaf, ada di pinggir pinggir. Sekarang, satu satunya guru mata pelajaran yang ada organisasinya di tingkat nasional adalah guru olahraga. Bahkan sekretariatnya ada di kantor Kemenpora,” kata Zainuddin disambut tepuk tangan peserta.

Menteri kelahiran Gorontalo itu ingin guru olahraga setara dengan guru mata pelajaran lain. Guru olahraga punya peran penting untuk pembentukan sumber daya manusia yang tangguh.

“Dulu guru olahraga sangat sulit jadi kepala sekolah. Sekarang, saya dapat laporan sudah banyak guru olahraga jadi kepala sekolah. Jadi sekarang guru olahraga tidak boleh lagi merasa minder, tidak boleh merasa termajinalkan,” tegasnya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Hamka menyambut baik kehadiran Zainuddin Amali di Gorontalo. Amali bahkan disambut adat Gorontalo karena baru pertama kali menginjakkan kaki di Boalemo sebagai pejabat negara.

“Saya ingat Pak Menteri sempat datang ke Gorontalo tanggal 23 Januari 2000. Waktu itu saya masih Asisten Deputi (di Kemenpora). Hari ini Pak Menteri datang lagi di tanggal yang sama 23 Januari 2023,” sambut Hamka yang juga menjabat Staf Ahli Menpora Bidang Budaya Sportivitas.

Penjagub berharap guru guru olahraga bisa berkontribusi untuk meningkatkan prestasi siswa siswi di Gorontalo. Hamka menilai sudah ada beberapa cabang yang konsisten meraih prestasi seperti sepaktakraw dan taekwondo.

Adv