Menilik Megahnya Asrama Mahasiswa Gorontalo di Manado

Dulohupa.id- Usai direnovasi dalam beberapa waktu yang lalu, asrama mahasiswa Gorontalo yang terletak di Jalan Sudirman, Kota Manado, Sulawesi Utara, kini nampak berdiri megah. Asrama yang dikenal dengan sebutan Asrama Beringin (Asber) itu diresmikan pemanfaatannya oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, Rabu (16/12/2020).

“Dulunya asrama ini kondisinya kotor, terlihat seperti tak berpenghuni. Tetapi berkat perhatian dan kasih sayang Pemerintah Provinsi Gorontalo kepada kami, maka jadilah asrama Gorontalo semegah ini. Kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya,” kata Delfis Syahputra Bubata, mahasiswa asal Pohuwato yang menjadi penghuni Asrama Gorontalo.

Delfis menuturkan, keberadaan asrama sangat membantu mahasiswa perantauan. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Samratulangi ini mengakui, dirinya yang berasal dari keluarga petani tidak mampu membayar kosan yang paling rendah sewanya sebesar Rp500 ribu per bulan.

“Di asrama ini kami hanya dipungut Rp100 ribu per orang per bulan untuk biaya kebersihan, bayar tagihan listrik dan internet,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu Wagub Idris Rahim berpesan kepada para penghuni untuk senantiasa merawat serta menjaga kebersihan dan keamanan asrama. Wagub juga mengingatkan mahasiswa Gorontalo di Manado untuk selalu menjaga kekompakkan, kerukunan dan persaudaraan.

“Saluran airnya harus selalu dibersihkan dan jangan membuang sampah sembarangan. Jaga dan rawat seluruh fasilitas asrama ini dengan baik,” pungkas Idris.

Asrama mahasiswa Gorontalo di Manado direnovasi dengan dana APBD tahun 2020 pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo sebesar Rp996,8 juta. Gedung asrama berlantai tiga itu dilengkapi fasilitas 2 kamar tamu, 22 kamar mahasiswa, ruangan tamu, aula, dapur, dan enam kamar mandi.**adv