Scroll Untuk Lanjut Membaca
NASIONAL

Menikmati Keindahan Wisata Alam Hungayono dan Keunikan Burung Maleo di Bone Bolango

583
×

Menikmati Keindahan Wisata Alam Hungayono dan Keunikan Burung Maleo di Bone Bolango

Sebarkan artikel ini
Bupati Hamim Pou memperlihatkan telur Burung Maleo

DULOHUPA.ID – Sipa yang tidak kenal dengan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone yang ada di Kabupaten Bone Bolango, gorontalo. Didalam hutan lindung ini terdapat berbagai jenis hewan yang dilindungi, salah satunya adalah hewan endemik Sulawesi yaitu burung maleo.

Namun untuk menemukan atau melihat langsung burung maleo ini, pengunjung bisa datang di taman nasional yang ada di Desa Tulabolo, Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango. Disana terdapat habitat burung maleo.

Untuk lebih memperkenalkan kepada masyrakat luas, pemerintah Kabupaten Bone Bolango bekerjasama denagan Balai Taman Nasional Bogani Nani wartabone menjadikan lokasi Burung maleo sebagai destinasi wisata alam yang diberi nama Objek Wisata Hungayono, (15/072019)

Dilokasi wisata ini pengunjung dapat meneliti kelangsungan kehidupan burung maleo, dari mengamati burung maleo, mencari telur maleo, dan kemudian  dan meletakkan telur maleo ke hatchery yang merupakan rangkaian paket ekowisata (orangtua angkat maleo).

Kata Bupati Wisata alam Hungoyono menjadi salah satu potensi wisata alam yang bakal menjadi salah satu landmark pariwisata Bone Bolango kedepan. orang yang menyenangi alam lingkungan flora fauna satwa pilihan utamanya bisa datang disini.

“Anda tidak hanya menyaksikan bagaimana maleo bertelur dan terbang bebas juga bisa menikmati sekitar 200 spesies burung yang ada disini di hungayono ini atau di taman wisata bogani nani wartabone, anda bisa datang bersama keluarga, di tengah hutan, di tengah alang-alang, menikmati air terjun, menikmati burung berterbangan, kupu-kupu juga sangat banyak disini dan itu saya kira mahal sekali kita harus keluar dari kebiasaan pariwisata pop yang harus selalu itu-itu aja,” beber Bupati Bone Bolango Hamim Pou.

Dilokasi ini juga disediakan home stay untuk para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam di taman nasional.

Pemda Bone Bolango akan kolaborasi juga dengan pihak Taman Nasional, untuk membangun beberapa fila kecil serta losmen sebagai daya tarik wisatawan. Rencananya dalam dua bulan kedepan pemda akan memaksimalkan kolompok sadar wisata kerja sama dengan pihak taman nasional untuk menjual kekayaan alam yang ada di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone utamanya yang ada di kawasan Kabupaten Bone Bolango.

” siapa yang untung? Adalah masyarakat, oleh itu kita tidak secara menjual potensi wisata tapi juga menjadi pelestari seluruh flora dan fauna yang ada di taman nasional bogani nani Wartabone,” tutup Hamim (DP/02)