Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Lebih Murah Mencegah COVID-19 Daripada Mengobati

DULOHUPA.ID- Lebih murah mencegah COVID-19 daripada mengobati, pasalnya untuk mencegah tetularnya COVID-19, masyarakat hanya diminta untuk Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak atau disebut 3M. Aktivitas tersebut terbilang mudah dan murah.

Dibandingkan, dengan tidak melakukan 3M, namun akhirnya tertular COVID-19. Bayangkan saja, untuk membeli masker, masyarakat hanya perlu merogoh kocek paling mahal 10 ribu rupiah. Apalagi jika itu masker kain, maka bisa dipakai berulang kali.

Sedangkan jika tertular COVID-19, maka uang yang mesti dikeluarkan dalam 16 hari saja perawatan, bisa mencapai ratusan juta rupiah. Makanya lebih murah mencegah COVID-19 daripda mengobati, seperti yang diungkapkan oleh Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Hasbullah Thabrany.

“Apabila kita menggunakan masker kain yang bisa dicuci, biayanya sangat murah. Mungkin satu hari tidak sampai 5.000 rupiah. Tapi begitu tertular COVID-19, katakanlah penghasilan kita 1 hari 100 ribu rupiah, selama dirawat 15 hari saja, maka kita kehilangan satu setengah juta rupiah. Lebih baik kita mengeluarkan 5.000 rupiah sehari dan mengupayakan disiplin 3M, daripada kehilangan satu setengah juta. Ini yang harus kita pikir panjang. Jangan hanya berpikir buat hari ini atau besok saja”, terang Hasbullah singkat.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).