Untuk Indonesia

Lagi, Pemkab Pohuwato Digeruduk Massa Gara-gara Indomaret

Dulohupa.id- Puluhan mahasiswa yang tergabung di Aliansi Gerakan Mahasiswa Bumi Panua Madani (Gempa Bumi) melakukan aksi demonstrasi di depan Kantor Bupati Pohuwato pada Jumat tadi, (3/12/2021). 

Aksi yang diawali long march dari Kantor DPRD itu dilakukan dengan tuntutan kejelasan putusan pemerintah tentang masuknya Indomaret ke wilayah tersebut. Juga, aliansi tersebut meminta kejelasan terkait dugaan pemalsuan surat izin. 

“Sore ini kami minta klarifikasi dari bupati bahwa kami pemuda pemudi Pohuwato menolak, alasannya jelas karena hari ini Indomaret telah merusak marwah Pemerintah Kabupaten Pohuwato,” ujar penuh geram salah satu Orator.

Menanggapi tuntutan massa, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pohuwato Rusmiati Pakaya mengatakan bahwa segala bentuk peringatan lisan maupun tulisan telah disampaikan kepada pihak Indomaret.

Baca Juga:  Warga Kelurahan Bulota Protes Pekerjaan Ruas Jalan Abdul Rahman Moito

“Bahwa sejak awal kami sudah beri peringatan baik itu teguran secara lisan maupun secara tertulis, ini menunjukan bahwa kami pemda juga merasakan apa yang teman-teman rasakan. Dan sampai saat ini pemerintah daerah sendiri belum memberikan izin, karena masih ada tahapan-tahapan yang mesti diperhatikan, entah itu dari sisi masyarakat, pedagang, dan kios atau toko-toko yang ada di Kabupaten Pohuwato,” ungkap Rusmiati

Ia juga menambahkan, pemda telah bersifat tegas terhadap hadirnya ritel raksasa ini, puncaknya saat bupati turun langsung untuk melaporkan atas pencatutan nama yang dilakukan pihak Indomaret 

Baca Juga:  Polres Pohuwato Tangani Sebelas Laporan Warga Terkait Investasi Bodong

“Bapak bupati kemarin sudah tegas, beliau yang langsung yang melapor ke kepolisian semua tau dalam kondisi di tengah keuangan yang morat-marit tetap bapak bupati berkomitmen menyelesaikan masalah ini,” jelasnya.

Rusmiati Pakaya yang juga sebagai Ketua TIM Pengkaji Pemerintah Daerah mengatakan secara teknis bahan pertimbangan regulasi dan aturan tidak hanya terpaut pada pembangunan Indomaret 

“Yang kami kaji tidak hanya Indomaret saja, akan tetapi itu berlaku pada semua investor yang akan masuk ke Kabupaten Pohuwato,” pungkas Rusmiati.

Comments are closed.