KPU Pohuwato Targetkan Partisipasi Pemilih Perempuan Meningkat

Dulohupa.id – Menjelang pemilihan tanggal 9 Desember mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato, Semakin gencar melakukan sosialisasi peningkatan partisipasi pemilih. Khususnya pemilih perempuan.

KPU Pohuwato bahkan memasang target 86 persen partisipasi pemilih perempuan di Pilkada Pohuwato. Hal ini seperti yang disampaikan Komisioner KPU Provinsi Gorontalo, Selvi Katili, disela Sosialiasi KPU Pohuwato, Senin (23/11) di Kabupaten Pohuwato.

Selvi menuturkan, partisipasi pemilih dari kalangan perempun harus mendapatkan perhatian pada Pilkada serentak tahun 2020, khususnya pada Pilkada Pohuwato.

Menurutnya, partisipasi dari kalangan perempuan punya andil besar dalam proses demokrasi.

“Suara dan partisipasi aktif perempuan menjadi sangat penting di Pilkada 2020. Perempuan bisa menjadi penyelenggara, peserta, pemantau maupun pemilih,” tutur Selvi dalam sosialisasi tersebut.

Selvi juga mengatakan, Dalam kehidupan sehari-hari, perempuan sangat dekat dengan keluarga, dan lingkungan sosialnya. Sehingga bisa menjadi garda terdepan dalam hal menyampaikan informasi kepemiluan.

“Artinya, dengan membaiknya kualitas pemilih, tentu akan berdampak pula pada peningkatan partisipasi pemilih,” Terangnya

Sementara itu, Musmulyadi Hunowu, Komisioner KPU Pohuwato mengatakan, target KPU pada pemilihan kepala daerah 9 Desember mendatang mengalami peningkatan dari pemilihan kemarin.

“target kami ada peningkatan pada Pilkada tahun 2020 ini, kalaupun tidak meningkat kami berharap minimal sama dengan pemilihan sebelumnya,” kata Komisioner Divisi Sosialisasi, Partisipasi Pemilih Masyarakat, dan SDM, KPU Pohuwato.

Musmulyadi melanjutkan, pada pemilihan kemarin partisipasi pemilih berada pada angka 86 persen, dan target tahun ini KPU menargetkan lebih dari ini partisipasinya.

“Minimal 86 persen pemilih itu bisa kami capai di tahun ini, dan jika tercapai, angka ini sudah lebih tinggi dari target nasional, yang berkisar pada angka 77,5 persen,” kata Musmulyadi dalam sosialisasi tersebut.