Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

KKN Merdeka UNG Bangun Taman Baca di Desa Tenilo, Bone Bolango

Dulohupa.id – Sejumlah mahasiswa KKN Merdeka Belajar Universitas Negeri Gorontalo (UNG), menginisiasi taman baca di Desa Tinelo, Kecamatan Suwawa, Bone Bolango, Senin (5/10). Adapun taman baca tersebut dibangun untuk menggalakkan program Gerakan Gemar Membaca Nasional, serta diharapkan dapat menumbuhkan minat baca warga desa.

Kepada dulohupa.id, salah seorang mahasiswa yang tergabung dalam program KKN tersebut mengungkapkan, bahwa taman baca itu juga diharapkan dapat meningkatkan literasi membaca masyarakat di desa. Kata dia, yang akan mengelola taman baca tersebut adalah pengurus taman baca yang sudah dibentuk dari organisasi Karang Taruna desa setempat.

“Pengurus ini juga termasuk dalam Komunitas Literasi Pentas Kecamatan Suwawa, dibantu oleh mahasiswa sampai waktu yg ditentukan,” kata Dela Adam, Senin (5/10)

Ada setidaknya 547 buku yang telah tersedia di taman baca tersebut. Kata Dela, buku-buku tersebut adalah hasil donasi dari berbagai pihak.

“Ada berbagai macam genre buku, mulai dari buku pelajaran SD, SMP, SMA, buku ekonomi dan bisnis, buku ilmu pengetahuan umum, buku agama, buku linguistik, buku anak-anak, dan majalah. Karena memang sasaran dari taman baca ini adalah¬†seluruh warga masyarakat Desa Tinelo, terutama yang anak-anak dan remaja,” katanya

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bone Bolango, Marni Nisabu, yang meresmikan kegiatan tersebut mengungkapkan, mengapresiasi apa yang dilakukan oleh mahasiswa KKN tersebut. Sebab, memang taman baca sendiri sangat penting untuk ada di sebuah desa. Dengan begitu, minat baca masyarakat bisa digalakkan lagi.

“Jadi semoga adanya perpustakaan di desa ini dapat mengembangkan minat baca masyarakat. Karena kita tahu, minat baca masyarakat kita itu rendah sekali. Jadi semoga dukungan perpustakaan itu dapat meningkatkan itu,” kata Marni.

Karena memang di lingkup kantor dinas pendidikan sendiri, kata Marni, ia juga diupayakan agar pegawainya lebih berminat dan membudayakan membaca.

“In sya Allah perpustakaan yang digagas oleh masyarakat semacam ini di Bone Bolango akan semakin banyak. Karena kami pun juga mendesain perpus semacam ini, namanya pojok baca. Jadi ada perpus ini akan menambah pojok baca di desa-desa. Jadi saya mengapresiasi program ini yah,” tutup Marni.

Reporter: Wawan Akuba