Scroll Untuk Lanjut Membaca
AdvertorialLINGKUNGANPEMPROV GORONTALO

Kementerian LHK Gelar Penanaman Mangrove di Biluhu

7
×

Kementerian LHK Gelar Penanaman Mangrove di Biluhu

Sebarkan artikel ini
Tanam Mangrove
Suasana penanaman Mangrove di Pesisir Biluhu, Kabupaten Gorontalo. Foto: BPKH Gorontalo

Gorontalo – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI melakukan penanaman 25.000 batang mangrove secara serentak di 25 lokasi se-Indonesia. Khusus untuk Provinsi Gorontalo dilaksanakan oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Bone Bolango di kawasan areal mangrove Desa Botuboluo, Kecamatan Biluhu, Kabupaten Gorontalo, Kamis (25/4/2024).

Acara ini turut dihadiri oleh Staf Khusus Kementerian LHK Bidang Edukasi Publik Kelestarian SDA dan Lingkungan Hidup, Silverius Y. Soeharso, Jajaran Dinas Lingkungan dan Kehutanan Provinsi Gorontalo serta Stakeholder lainnya.

“Pemerintah melalui Kementerian LHK selalu mendorong tentu sesuai dengan arahan Bapak Presiden Jokowi untuk setiap kita harus menanam pohon setahun itu paling tidak 25 Pohon. Jadi ini bagian dari suatu gerakan untuk mendorong masyarakat agar lebih peduli kepada lingkungan,” ungkap Silverius.

Silverius menambahkan keberlanjutan dari kelestarian hutan dan lahan tidak bisa hanya digantungkan pada pemerintah. Butuh keterlibatan dari masyarakat sekitar dalam tindakan pelestarian agar lingkungan yang dijaga dapat memberikan manfaat dari aspek sosial, ekonomi dan ketahanan pangan.

Hal yang sama diutarakan oleh Kepala BPDAS Bone Bolango, Heru Permana. Ia berharap agar penanaman ini bisa berlanjut dan tumbuh menjadi fungsi yang optimal bagi lingkungan sekitar. Pihaknya juga siap membantu masyarakat dalam memperoleh bibit pohon secara gratis.

“Bibit bisa diperoleh di persemaian kami, bisa juga diperoleh melalui kebun bibit rakyat. Banyak program termasuk bibit gratis yang bisa kami fasilitasi dan apabila masyarakat menginginkan bisa minta kami di Balai DAS Bone Bolango,” Ujar Heru.

Adv