Untuk Indonesia

Kawasan Kumuh Talumolo Akan Ditata Jadi Wisata

Dulohupa.id- Kawasan kumuh di Kecamatan Dumbo Raya akan ditata menjadi kawasan wisata dengan julukan Santorini (Kawasan Talumolo Rindang dan Indah).

Penataan kawasan kumuh yang disebut Wali Kota Gorontalo, Marten Taha sebagai kawasan kumuh terluas di Kota Gorontalo itu, akan meliputi dua hal. 

“Pertama penataan kawasan bantaran sungai dengan memasukkan unsur-unsur wisata air dan kuliner. Kedua, penataan pemukiman di sekitar lokasi baik itu rumah, jalan, drainase dan sanitasi,”kata Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat memberikan sosialisasi Santorini di Kantor Camat Dumbo Raya, Sabtu (10/7).

Marten mengharapkan, sosialisasi tersebut dapat menyatukan pemahaman antara pemerintah dan masyarakat, tentang pentingnya penataan kawasan bagi pembangunan kota, perbaikan wajah kawasan sekaligus peningkatan taraf ekonomi masyarakat.

“Perlu digarisbawahi, semua program yang dilaksanakan oleh Pemkot Gorontalo semata-mata diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tandas Marten.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim), Heru Zulkifli Thalib menyebutkan, Kelurahan Talumolo memiliki potensi yang bagus untuk dikembangkan sebagai salah satu spot wisata andalan Kota Gorontalo.

“Dari segi view internal maupun view eksternal, Kelurahan Talumolo memiliki keindahan,” kata Heru.

Berikutnya, ia menjelaskan untuk pembangunan Santorini,  Dinas Perkim telah mengidentifikasi kawasan tersebut. Dan diperoleh data 72 bangunan yang terdampak  langsung maupun tidak langsung.

“27 rumah tinggal yang akan direlokasi, 13 rumah tinggal yang akan dirapikan, 9 dermaga semi permanen, 7 bangunan tempat usaha semi permanen dan 16 bangunan semi permanen dengan fungsi lainnya,” pungkas Heru.

Reporter: Yunita Humola

Comments are closed.