Scroll Untuk Lanjut Membaca
AdvertorialPEMPROV GORONTALO

Kadis TKESDMT Gorontalo Hadiri Rakornas Percepatan Digitalisasi Daerah

133
×

Kadis TKESDMT Gorontalo Hadiri Rakornas Percepatan Digitalisasi Daerah

Sebarkan artikel ini
Daerah Digitalisasi
Rapat Koordinasi Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Rakornas P2DD), Selasa (3/10/2023), yang turut dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja, Energi Sumber Daya Mineral dan Transmigrasi (TKESDMT) Provinsi Gorontalo, didampingi Kepala Biro Umum. Foto/Diskominfotik

Gorontalo – Kepala Dinas Tenaga Kerja, Energi Sumber Daya Mineral dan Transmigrasi (TKESDMT) Provinsi Gorontalo Wardoyo Pongoliu menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Rakornas P2DD), Selasa (3/10/2023). Wardoyo hadir didampingi Kepala Biro Umum Amir Hadju untuk mewakili Penjabat Gubernur Ismail Pakaya.

Rakornas P2DD yang dibuka oleh Wakil Presiden KH Maruf Amin itu berlangsung di Hotel Sahid, Jakarta. Wapres Ma’ruf Amin meminta agar pemerintah mengejar target pertumbuhan ekonomi di kisaran 6-7% dalam rangka menjaga momentum Indonesia Maju.

“Salah satu upaya untuk mengejar target tersebut yaitu melalui penguatan teknologi digital. Penguatan teknologi digital menuntut kesiapan di semua lini termasuk Pemerintah Daerah,” ujar Wapres Ma’ruf Amin sebagaimana dikutip dari web Kemenko Bidang Perekonomian, Salasa.

Wapres Ma’ruf Amin juga mengarahkan beberapa kebijakan yang relevan dan perlu ditempuh untuk memperkuat digitalisasi transaksi keuangan daerah, diantaranya yakni agar Pemerintah Daerah meningkatkan sinergi dan kolaborasi guna mendorong peningkatan P2DD, menetapkan beberapa regulasi dalam rangka penguatan kebijakan P2DD, terus berinovasi untuk meningkatkan retribusi daerah, serta memperkuat infrastruktur dengan mengoptimalkan pemanfaatan Proyek Strategis Nasional.

Pada kesempatan tersebut diumumkan dan diberi penghargaan untuk TP2DD terbaik tahun 2023. Untuk kategori provinsi terbaik jatuh kepada Provinsi Riau, DKI Jakarta, Sulsel dan Papua Barat. Kota Terbaik diberikan kepada Tebing Tinggi, Bogor, Tarakan, Makassar dan Jayapura. Kategori kabupaten diberikan kepada Kampar, Ciamis, Kutaikartanegara, Bone Bolango dan Manokowari.