Kabar Baik! Vaksin COVID-19 Tiba di Gorontalo

Dulohupa.id- Ribuan dosis vaksin COVID-19 produksi sinovac, tiba di Kota Gorontalo siang tadi, Kamis (7/1) pukul 14:00 WITA.

Ribuan vaksin tersebut dikawal ketat dari Bandara Djalaluddin Gorontalo oleh aparat TNI dan Polri, hingga ke Gedung Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.

Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie yang berada di lokasi mengungkapkan, bahwa ribuan vaksin tersebut nantinya akan disimpan di ruang dingin (cold room) sambil menunggu distribusi ke kabupaten dan kota di Provinsi Gorontalo.

“Jadi vaksin COVID-19 ini akan digunakan setelah ada petunjuk lanjut dari pemerintah pusat. Sejauh ini, seluruh pemerintah daerah di Gorontalo siap menerima (vaksin COVID-19). (Namun) ada dua daerah yang belum memiliki gudang farmasi, yakni Gorontalo Utara dan Pohuwato,” ungkap Rusli, Kamis (7/1).

Terkait dengan target penerima, ia pun tetap akan merujuk pada petunjuk teknis yang nanti dipublikasi oleh pemerintah pusat pada pertengahan Januari 2021 nanti. Selain itu juga, Rusli pun mengungkapkan, ke depan pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait vaksin tersebut.

“Intinya kalau ada masyarakat yang menolak, kita akan sosialisasi. Kita akan beri pengertian. Karena ini tidak hanya (dibeli) dengan miliaran uang, tapi triliun, dan ini program pemerintah pusat, bukan provinsi, jadi untuk keselamatan masyarakat,” ungkap Rusli.

Reporter: Jebeng