Jokowi Tunjuk Listiyo jadi Kapolri, Azan Piola: Langkah yang Sangat Tepat

Dulohupa.id- Wakil Ketua DPR Bone Bolango, Azan Piola merespon pengajuan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) terhadap Komjen Listiyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri, Rabu kemarin (13/1).

Menurut Azan, pengajuan tersebut merupakan langkah yang tepat dan akan menjadi spirit baru dalam menjaga keberagaman di Indonesia.

“ Presiden menunjuk Kepala Badan Reskrim (Kabareskrim) Komjen Listiyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri adalah langkah yang sangat tepat dan ini nantinya akan menjadi sprit dan semangat baru di tubuh Polri dalam hal menjaga Kebhinekaan di Republik Indonesia,” kata Azan, Kamis (14/1).

Alasan lainnya kata Azan, jika Listiyo Sigit menjadi Kapolri mampu meningkatkan profesionalisme personil Polri ke depan. Bukan hanya di tingkat Mabes, tapi juga di seluruh jajaran Polri.

“Saya berharap kepemimpinan beliau di Kepolisian Negara Republik Indonesia nanti mampu meningkatkan profesionalisme prsonil Polri ke depan. Bukan hanya di tingkat Mabes saja, tapi sampai ke seluruh jajaran sehingga Polri makin dicintai dan dipercaya oleh masyarakat,” kata Azan.

Sejauh ini kata Azan, bahwa rekam jejak Listyo Sigit Prabowo cukup mentereng. Sebab, sosok Listyo memang sudah lama bekerja dengan Jokowi saat masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Faktor profesional dan loyalitas yang membedakan Listyo dengan calon-calon Kapolri lain yang diajukan Kompolnas.

“Pak Jokowi sudah tahu karakter dan telah lama berkerja sama dengan Pak Sigit. Pak Jokowi sudah tahu karakter dan seluk beluknya, sehingga akan lebih memudahkan dalam berkomunikasi dan berkoordinasi. Modal ini penting guna menciptakan kamtibmas semakin kondusif di setiap lapisan masyarakat,” pungkas Azan Piola.

Sebelumnya, Jokowi memutuskan Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun. Komjen Listyo Sigit Prabowo merupakan salah satu nama yang direkomendasikan Kompolnas dan merupakan calon tunggal Kapolri.

Reporter: Morgan