Untuk Indonesia

Jaga Ketahanan Pangan, Dinas Pangan Pohuwato Ajak Masyarakat Tanami Pekarangan

Dulohupa.id- Sejak COVID-19 mewabah, kebutuhan pangan menjadi salah satu yang paling dibutuhkan. Makannya, ketersediaan pangan menjadi penting. Merespon hal tersebut, Dinas Pangan Pohuwato mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan-lahan tidur untuk menjaga ketahanan pangan. Sebab sejauh ini, banyak masyarakat yang tidak memanfaatkan pekarangannya.

“Pekarangan masyarakat yang kosong bisa dimanfaatkan untuk ditanami kebutuhan pangan apalagi saat pandemi sekarang ini. Jadi dengan memanfaatkan pekarangan, masyarakat dapat menjaga stok pangan yang menjadi kebutuhan setiap hari di dapur,” ujar Refli Basir, Kadis Pangan Pohuwato, Rabu (3/2).

Kata Rafli, hal ini  dapat menjaga keberlangsungan hidup masyarakat di tengah mewabahnya COVID-19. Juga menjaga ketersediaan pangan dari rumah mereka.

“Masyarakat yang mau memanfaatkan lahan pekarangannya untuk ditanami seperti sayur-sayuran, kebutuhan dapur rempah-rempah, cabai, dan lainnya terus kami dorong, bahkan kami berikan bibit secara gratis untuk masyarakat tersebut,” ujarnya.

Hal positif lainnya lanjut Refli, untuk menjaga daya beli masyarakat. Karena jika sudah bisa menanam di pekarangan, masyarakat tidak lagi khawatir kalau saat harga cabai naik, sebab mereka bisa memanen hasil tanaman mereka di pekarangan. Begitu pun dengan kebutuhan lain seperti sayur-sayuran, dan rempah-rempah.

“Targetnya masyarakat sudah bisa menjawab kebutuhan pangan mereka sendiri, meskipun dalam keadaan seperti sekarang ini. Tidak hanya itu juga, jika kegiatan seperti ini terus dilakukan, kita akan menjawab kemandirian pangan yang kita harapkan. Tentunya, semua dimulai dari memanfaatkan pekarangan masyarakat yang tidak dimanfaatkan,” imbuhnya.

Reporter: Zulkifli Mangkau

Comments are closed.