Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Hari ini, Seluruh Pejabat Pemprov Gorontalo Dites Rapid

Dulohupa.id – Kurva kasus COVID-19 di Gorontalo terus naik. Penyebarannya bahkan sudah di antara para Aparatur Sipil Negara (ASN). Klaster kantorpun menjadi salah satu kelompok penyebaran yang diwaspadai. Melihat kondisi itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo melakukan langkah preventif dengan mewajibkan semua pejabat eselon I, II, III dan IV untuk mengikuti tes rapid.

“Arahan pak gubernur ke kami, untuk melaksanakan rapid tes massal kepada semua pejabat termasuk saya, eselon II, III, IV di lingkungan pemprov,” ungkap Sekretaris Daerah Darda Daraba, Kamis (6/8/2020).

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba (Foto-dok.hms)

Rapid test masal ini untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di lingkungan perkantoran. Sebab, beberapa pegawai pemprov dan keluarganya sudah ada yang terkonfirmasi positif. Bahkan, Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo saat ini memberlakukan work from home untuk pegawainya.

Adapun kata Darda, jika pelaksanaan tes rapid itu akan mulai digencarkan hari ini secara bertahap.

“Dilakukan secara bertahap di semua OPD. Bagi yang hasil rapid reaktif akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab,” imbuh mantan Kepala Badan Jalan Tol, Kementrian PUPR itu.

Tes rapid juga diwajibkan bagi semua pegawai yang melaksanakan pelayanan publik dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Seperti pelayanan keuangan di kantor UPTD Samsat di enam kabupaten dan kota. **(rtr/1)