Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Hadapi Pilkada 2020, Masyarakat Diminta Jaga Ketertiban dan Keamanan

Dulohupa.id – Polda Gorontalo menggelar rapat koordinasi persiapan pengamanan pilkada serentak, di ruang rapat utama Mapolda Gorontalo, Jumat (4/9). Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengajak masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan jelang perhelatan Pilkada Serentak tahun 2020.

“Saya mengajak masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan sehingga seluruh tahapan pilkada bisa berlangsung aman, lancar, dan sukses,” kata Idris Rahim.

Pilkada serentak di Provinsi Gorontalo akan dilaksanakan di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Gorontalo, Bone Bolango, dan Kabupaten Pohuwato. Guna mewujudkan pilkada yang demokratis, berintegritas, dan bermartabat, Idris mengimbau seluruh wajib pilih di ketiga daerah tersebut untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik.

“Pastikan masyarakat wajib pilih sudah terdaftar dan gunakan hak pilihnya dengan baik karena ini untuk memilih kepala daerah yang akan menentukan masa depan daerah lima tahun ke depan,” pesan Wagub.

Sementara itu memasuki tahapan pendaftaran calon kepala daerah yang dimulai hari ini, Jumat (4/9/2020), Wagub Idris Rahim mengingatkan arahan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, pada rakor Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah secara Nasional (Rakorwasdanas) Tahun 2020. Mendagri menegaskan agar seluruh pasangan calon tidak mengajak masa pendukung dalam jumlah yang besar, serta tidak menciptakan kerumunan atau arak-arakan masa.

“Seluruh pasangan calon cukup didampingi tim kecil yang menyiapkan dokumen administrasi pendaftaran. Intinya, seluruh tahapan Pilkada Serentak harus mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penularan Covid-19,” tandas Idris Rahim.

Adapun raktor tersebut dipimpin oleh Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Akhmad Wiyagus diikuti oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta KPU dan Bawaslu Provinsi Gorontalo. Hadir Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo,  Komandan Korem 133/Nani Wartabone, Kepala BIN Gorontalo, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo, sejumlah pejabat utama Polda Gorontalo.

Adv