Untuk Indonesia

Gerakan Menghijaukan Kota, Mapala Reksa Wana Bagi-Bagi Bibit Pohon

Dulohupa.id-Resah terhadap kondisi Kota Gorontalo yang semakin gersang, kelompok Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Reksa Wana, Fakultas Hukum, Universitas Negeri Gorontalo (UNG) melakukan aksi bagi-bagi bibit pohon gratis. Para anggota Mapala ini mengklaim jika aksi itu adalah bentuk menjaga dan melindungi lingkungan dari kerusakan dan pencemaran tersebut.

I Komang Kris Kamisma,  Ketua Adat Mapala Reksa Wana menuturkan, bahwa pihaknya resah dengan polusi dari kendaraan yang seolah jadi makanan sehari-hari masyarakat Kota Gorontalo. Kendati,  semakin lama, udara kotor ini bisa membuat tubuh kita semakin sakit.

Makanya kata dia, selain membatasi penggunaan kendaraan pribadi, salah satu solusi untuk membuat udara lebih segar adalah dengan menanam lebih banyak pohon di rumah dan tempat-tempat keramaian.

“Kami sadar bahwa manfaat menanam pohon pun tak hanya berhubungan dengan kesehatan, tapi perlu kita ketahui pula bahwa pohon merupakan penyumbang dan penghasil oksigen yang tentu sangat dibutuhkan oleh manusia itu sendiri,” kata Kris di depan Gerbang kampus Universitas Negeri Gorontalo, siang kemarin, Jumat (22/1) saat membagi-bagikan bibit.

Lebih dalam Kris merincikan, bahwa ada setidaknya 750 bibit pohon yang ia bagikan. Jenis bibit yang dibagikan di antaranya Kerai payung (Filicium decipiens) dan bibit buah sirsak.

Kegiatan tersebut kata Kris, tidak lain adalah bentuk sosialisasi kepada masyarakat agar tetap menjaga lingkungan dengan membiasakan menanam pohon. Sebab menurutnya, setiap masyarakat bertanggung jawab penuh terhadap lingkungan di sekitaranya.

“Kebanyakan dari kita tidak begitu memperdulikan lagi masalah-masalah lingkungan. Melalui gerakan yang kami buat semoga dapat memberi dampak positif bagi masyarakat Gorontalo. Harapan kami, masyarakat yang mendapatkan bibit pohon tersebut, dapat menanam bibit itu, ” tutup Kris.

Reporter: Jebeng

Comments are closed.