Gerakan Dukung Rekam KTP-el Gorontalo Mendapat Penghargaan dari KPU RI

Dulohupa.id- Gorontalo menjadi satu-satunya pemerintah tingkat provinsi yang mendapatkan penghargaan terbaik atas Gerakan Dukung Rekam KTP-el yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia. Piagam penghargaan tersebut diterima langsung oleh Sophian Rahmola dalam kegiatan rapat rekapitulasi DPTb (daftar pemilih tambahan) pilkada 2020 dan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan tahun 2020, yang dilaksanakan oleh KPU RI, Selasa kemarin di Bandung.

Komisioner KPU Provinsi Gorontalo yang membidangi Divisi Perencanaan Data dan Informasi Sophian Rahmola menjelaskan, Gorontalo masuk kategori provinsi terbaik dalam hal Gerakan Dukung Rekam KTP-el se-Indonesia.

“Di Gorontalo sendiri kita secara masif melakukan di tiga  daerah pilkada, itu koordinasi dengan dinas dukcapil masing-masing daerah, koordinasi dengan dukcapil provinsi , kemudian  dengan adhoc kita PPK PPS, kemudian mereka koordinasi dengan camat dan kepala desa masing-masing,” ungkap Sophian.

Lebih jauh Sophian menjelaskan, KPU sendiri memiliki tagline “Jemput Pemilih”, sementara Dukcapil memiliki tagline “Jemput Bola” untuk mempercepat perekaman KTP-el. Semua usaha dilakukan agar perekaman KTP-el tuntas dilaksanakan sebelum hari H pelaksanaan pemilihan.

“Capil turun langsung, mereka punya tagline “Jemput Bola”, kalau kita KPU tagline “Jemput Pemilih”. Mereka buka perekaman KTP-el di kecamatan atau desa secara bergilir. KPU itu dengan perangkatnya PPK PPS, memboyong masyarakat pemilih yang belum memiliki KTP-el untuk direkam. Ada yang pakai gerobak, ada yang pakai mobil pribadi PPK, ada yang akai motor, ada yang diangkut pakai angkutan umum. Semua itu dilakukan secara sukarela oleh personil KPU yang di bawah, PPK PPS,” urai Sophian.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas PMD dan Dukcapil Provinsi Gorontalo Slamet Bakri mengucap syukur atas diterimanya penghargaan ini.

“Saya bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak terutama kepada masyarakat yang berada di tiga kabupaten atas kesadaran mereka dalam rangka memperoleh KTP-el. Tanpa dukungan masyarakat , dukungan semua pihak, terutama dukungan pak gubernur, wagub, dan sekda, serta elemen masyarakat terutama KPUD, Dinas Dukcapil, Bawaslu, itu yang terlibat langsung dalam rangka mempercepat KTP –el,” jelas Slamet, Rabu (23/12/2020)

Slamet mencontohkan salah satu bentuk dukungan dari Gubernur Rusli dengan memberikan bantuan berupa satu perangkat alat perekam kepada Kabupaten Gorontalo, yang merupakan kabupaten dengan penduduk terbanyak yang melakukan perekaman KTP-el. Alat perekaman yang diberikan oleh gubernur digunakan secara mobile, mendatangi desa-desa, hingga malam sebelum hari H pelaksanaan pemilihan

Selain itu, Dukcapil bersama segenap instansi terkait semakin sering melaksanakan rapat, pertemuan, evaluasi dan lainnya, termasuk membuat Whatsapp grup untuk  mempercepat dan mengevaluasi sejauh mana perekaman KTP- el .

Pendukung keberhasilan diraihnya penghargaan terbaik ini kata Slamet, secara berjenjang, juga dikeluarkan edaran yang ditandatangani Wakil Gubernur Gorontalo yang ditujukan kepada para bupati ketiga daerah untuk memerintahkan para camat, kepala desa dan lurah, dan lembaga lembaga desa untuk membantu dinas dukcapil setempat dalam rangka melakukan perekaman. Disamping itu diibatkan pendamping-pendamping desa, termasuk melibatkan PPS yang berada di desa-desa.

Untuk peringkat kabupaten secara nasional yang tuntas melakukan rekam KTP-el yaitu Pohuwato menempati rangking 2, Bone Bolango rangking 11 nasional dan  Kabupaten Gorontalo menempati rangking 20 nasional.