Untuk Indonesia

FOTO: Belasan Pohon di Kota Gorontalo Ditebang

Dulohupa.id- Meski terus dikecam oleh komunitas lingkungan, namun penebangan pohon di Kota Gorontalo terus terjadi. Seperti yang baru-baru ini di Jalan Apel, Kota Gorontalo. Ada setidaknya 11 pohon yang ditebang dengan alasan pohon-pohon tersebut telah mati dan kering.

“Sebaiknya penebangan pohon di Kota (Gorontalo) ini ditekan. Tahun 2018-2020 penebangan pohon ini cukup tinggi. Kalau ini terus dibiarkan, jalur hijau di Gorontalo suatu saat akan habis,” ungkap Sri Sutarni Arifin, salah satu anggota Forum Komunitas Hijau (FKH) yang kerap mengkritik penebangan pohon.

Kata Sri, pekerjaan rumah oleh bidang konservasi di Kota Gorontalo saat ini adalah, menyelesaikan Perda Perlindungan Pohon. Agar, ada landasan hukum yang kuat untuk membatasi penebangan pohon.

“Selama ini penebangan pohon alasannya terlalu banyak, menghalangi pintu masuk lah, ba rumpu lah, merusak saluran lah. (padahal) Itu semua kan cuma pembenaran,” tegas Sri.

Sementara itu, Ketua FKH, Rahman Dako menambahkan, bahwa harusnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Gorontalo memiliki anggaran dan tim khusus untuk melakukan pemangkasan pohon. Hal itu supaya tidak lagi terjadi penebangan pohon.

“(Karena) layaknya sebuah kota, pemeliharaan pohon itu wajib karena kepentingan banyak orang,” ucap Rahman singkat.

Reporter: Wawan Akuba

Comments are closed.