Untuk Indonesia

Setiap Tahun Capaian LPPD Kabupaten Gorontalo Mengalami Peningkatan

Dulohupa.id- Setiap tahun, capaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Kabupaten Gorontalo mengalami peningkatan. Sekretaris Daerah (Sekda) Hadijah U Tayeb mengungkapkan hal itu saat menutup pelaksanaan kegiatan workshop penyusunan LPPD dan Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2020 di Swiss-Belhotel Maleosan Manado, Sulawesi Utara.

“Alhamdulillah, untuk capaian LPPD kita dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Sudah tentu untuk mencapai hasil yang baik, itu butuh proses dan perjuangan. ,yang paling adalah semangat dan komitmen dengan segenap jajarannya untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik,” ungkapnya, Kamis (11/2).

Kata Hadijah, dalam era otonomi daerah, penyelenggaraan pemerintahan, haruslah mengacu pada pelaksanaan otonomi yang bertanggung jawab. Artinya, setiap hak, wewenang, dan kewajiban yang dimiliki dan diselenggarakan oleh pemerintah daerah, harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat dan pemerintah pusat.

“Untuk itu pemerintah daerah berkewajiban melaporkan pelaksanaan otonomi daerah di daerahnya setiap tahun. Workshop yang kita laksanakan ini penting artinya bagi kelancaran dalam pembuatan laporan sehingga seluruh SKPD mampu membuat laporan tepat waktu berdasarkan Indikator Indikator yang telah ada,” ungkap Hadijah.

Ia pun berpesan, peserta workshop tersebut dapat mengaplikasikan apa yang ia dapat dalam penyusunan LPPD nanti. Sebab, penyusunan LPPD adalah salah satu tahap yang penting dalam siklus penyelenggaraan pemerintah Daerah.

Reporter: Dhedy Henga

Comments are closed.