Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Dua Bapaslon Perseorangan Pohuwato Lolos ke Tahap Pendaftaran

Dulohupa.id – Dua bakal pasangan calon (bapaslon) perseorangan yang maju pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Pohuwato, lolos tahap verifikasi faktual perbaikan. Artinya, kedua bapaslon tersebut berhak maju untuk tahap pendaftaran, Kamis (20/8)

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato, Rinto W. Ali mengatakan, hanya dua bapaslon tersebut yang lolos dari tiga Bapaslon yang maju dalam jalur independen atau perseorangan.

“Hanya dua bapaslon yang bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya, yaitu tahap pendaftaran. Kemudian ada satu bapaslon yang belum bisa melanjutkan ke tahapan pendafatran karena memang dari syarat minimal dukungan tidak memenuhi,” jelas Rinto saat diwawancarai setelah rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi faktual perbaikan.

Rinto juga menyampaikan, dua bapaslon yang lolos itu ialah Ibrahim Bouti dan Miswar Yunus dengan perolehan dukungan sebanyak 10.493, dan Bapaslon Hamdi Alamri dan Zairin T.D Maksud dengan perolehan dukungan suara 10.525.

“Untuk pasangan Amin Haras dan Zunaidi Z. Hasan, hanya memperoleh dukungan suara sebanyak 7.978,” katanya.

Rinto menegaskan, hasil dari rapat pleno rekapitulasi verifikasi faktual dukungan perbaikan tersebut, adalah tiket untuk maju dalam tahap pendaftaran nanti. Sehingga jika ada bapaslon yang memberikan komplain, maka pihaknya siap untuk mengonfirmasi.

“Nanti jika ada koreksi silakan saja, saya rasa ada ranahnya untuk itu, bisa ke pihak Bawaslu juga. In sya Allah, jika ada komplain terkait hasil ini, kami akan memberikan konfirmasi,” tambah Rinto di akhir wawancara.

Reporter: Zulkifli Mangkau