Untuk Indonesia

DPRD Setujui Laporan Pertanggungjawaban APBD 2020 Pemkab Gorontalo

Dulohupa.id- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menyetujui laporan pertanggungjawaban APBD 2020 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo. Hal itu ditandai dengan penandatanganan laporan tersebut oleh Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo dengan Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Gorontalo, Selasa (13/7) sore. 

Nelson mengatakan, laporan pertanggungjawaban APBD 2020 sudah selesai dan  keputusan DPRD Kabupaten Gorontalo sangat baik, sudah menyetujuinya. Selain itu juga, melihat di tahun 2020 kondisi ekonomi di Kabupaten Gorontalo masih stabil dan baik. 

“Alhamdulilah ranperda laporan pertanggungjawaban APBD sudah diterima dan disetujui. Dilihat juga bahwa kondisi keuangan kita (Kabupaten Gorontalo) baik dan naik, kita punya surplus, silpa, dan Produk domestik regional bruto (PDRB) serta Indeks Pembangunan Manusia,” ungkap Nelson ditemui usai kegiatan. 

“Pembangunan tahun lalu (2020) itu sudah bagus dan pertumbuhan ekonomi justru naik 6,8 persen,” tambah Nelson.

Lebih lanjut kata Nelson, ada beberapa hal yang diberikan masukan oleh DPRD Kabupaten Gorontalo, terutama antisipasi Covid-19 di tahun 2019 sampai 2020. Sehingga itu adalah bagian dari masukan yang sangat bagus. 

“Saya berterima kasih kepada DPRD telah membahasnya dengan baik, bahkan masukan-masukannya sangat detail, ini penting dan sangat luar biasa, dan semoga di tahun ini dan tahun akan datang lebih baik lagi,” tandas Nelson.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Syam T Ase mengatakan, bawah laporan ranperda Pemkab Gorontalo di tahun 2020 sudah diterima dan disetujui. Untuk selanjutnya akan dievaluasi lagi oleh Gubernur Gorontalo. Selain itu, melihat juga pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Gorontalo masih terhitung stabil, walaupun saat ini ditengah Pandemi Covid-19. 

“Kita sudah terima untuk laporannya APBD tahun 2020 dan diparipurnakan. Jadi, kita akan menunggu evaluasi Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie. Bila mana masih ada catatan, kita akan sempurnakan lagi. Karena laporan pertanggung jawaban ini adalah pintu masuk perubahan APBD tahun 2021 dan untuk melihat pertumbuhan ekonomi di tahun kemarin masih stabil,” tutup Syam.

Reporter: Fandiyanto Pou

Comments are closed.