Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Dinas Peternakan Bone Bolango Musnahkan 550 Ayam yang Terinfeksi Flu Burung

Dulohupa.id– Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bone Bolango, memusnahkan 550 ekor ayam di Desa Suka Damai, Kecamatan Bulango Utara, siang tadi, Kamis (17/9). Ratusan ayam yang terkonfirmasi positif flu burung itu, dimusnahkan dengan cara disembelih terlebih dahulu, lalu dibakar dan dikubur.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bone Bolango, Roswati Agus, mengatakan pemusnahan dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran flu burung ke unggas lainnya dan ke manusia.

“Ayam petelur milik pemerintah desa setempat ini kita musnahkan lantaran sebelumnya, pada pekan lalu, burung puyuh milik warga yang berada di sekitar kandang ayam mati mendadak” kata Roswati

Lalu, tak lama kemudian kata Roswati, dari 1.000 ayam petelur yang di pelihara oleh pemerintah desa, sebanyak 450 ekor ayam lainnya juga ikut mati medadak.

Pemusnahan ayam yang terpapar flu burung. FOTO/Jebeng untuk dulohupa.id

“(sehingga) Petugas langsung melakukan pemeriksaan sampel darah burung puyuh dan ayam petelur lainnya, hingga akhirnya 550 ayam petelur yang tersisa di kandang ditemukan positif flu burung” ujar Roswati.

Tak hanya memusnahkan ayam, kandang ayam tersebut juga telah disterilisasi atau didisinfeksi sebelum nantinya digunakan lima bulan kemudian.

Reporter: Jebeng
Editor  : Wawan Akuba