Untuk Indonesia

Deheto Hulonthalo Tanam 500 Bibit Mangrove di Pesisir Desa Keramat Boalemo

Dulohupa.id- Organisasi Deheto Hulonthalo melakukan penanaman 500 bibit pohon mangrove di sepanjang pesisir Desa Keramat, Kabupaten Boalemo pada Sabtu tadi, (16/10/2021). 

Sandry Djunaidi, salah satu anggota organisasi tersebut menyebutkan, bahwa kegiatan tersebut merupakan kerja sama pihaknya dengan pemerintah desa setempat. Tujuannya kata dia, untuk memulihkan hutan mangrove yang ada di desa tersebut. 

Sebab saat ini kata Sandry, hutan mangrove di Desa tersebut mulai beralih fungsi menjadi tambak. Untuk mencegah hal tersebut, pihaknya lantas berkomitmen untuk mengembalikan kondisi mangrove yang ada.

Hari ini kami menanam 500 bibit mangrove yang terdiri dari lima jenis mangrove, di antaranya avicennia alba, ceriops tagal, bruguiera cylindrica, rhizophora, mucronata, dan sonneratia alba.

“Dan kami juga sementara  menjalankan pembibitan mangrove yang nantinya akan kami tanam, karena kegiatan ini akan berlangsung terus selama tiga bulan ke depan,” ungkap Sandry.

Ia pun menambahkan, bahwa di tahun sebelumnya, pihaknya sudah melaksanakan kegiatan transplantasi terumbu karang. Hal itu juga menurutnya sebagai komitmen pihaknya dalam  menjaga ekosistem yang ada di pesisir.

Sementara itu, Ketua Pusat Studi Kemaritiman UNG, yang juga mewakili Econusa, Femy M. Sahami mengatakan, bahwa pihaknya juga mengapresiasi kegiatan dari Deheto Hulonthalo tersebut. Kata dia, hal ini merupakan kegiatan awal untuk penanaman mangrove. 

“(karena) Sebelumnya kami selalu bekerjasama dengan Deheto Hulonthalo terkait pemantauan Sampah dan transplantasi terumbu karang. Ucapan terima kasih untuk pemerintah Desa Keramat yang telah membantu kegiatan itu,” ungkap Femy.**

Comments are closed.