Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Darwis Moridu Tegaskan Sholat Ied Berjamaah Bakal Tetap Digelar di Boalemo

Dulohupa.id– Pelaksanaan Sholat Ied di Kabupaten Boalemo dipastikan tetap akan digelar secara terbuka di Lapangan terbuka seperti di tahun-tahun sebelumnya. Hal ini menyusul keluarnya intruksi dan putusan langsung dari Bupati Boalemo Darwis Moridu, dalam rapat akhir tindak lanjut fatwa MUI tentang imbauan pelaksanaan sholat idul fitri untuk tahun ini.

“Hari ini saya putuskan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1441 H, Tetap dilaksanakan di Lapangan,” ujar Bupati Boalemo, Darwis Moridu kala memimpin rapat bersama antara Pemerintah Daerah, Forkopimda, Gugus Tugas, MUI, dan Instansi terkait dalam rangka evaluasi akhir PSBB dan tindak lanjut Fatwa MUI nomor 26 tahun 2020 Rabu, (20/5/2020).

Keputusan Bupati Boalemo yang tetap melaksanakan Sholat Idul Fitri Berjamaah ini berdasarkan pertimbangan kondisi Boalemo yang saat ini berstatus zona hijau. Namun demikian, Darwis tetap menekankan penerapan protocol kesehatan dalam pelaksanaan sholat ied berjamaah.

“Ingat, wajib hukumnya dalam menerpkan protokol kesehatan” terangnya.

Darwis juga mengatakan, nantinya dalam pelaksanaan sholat Ied berjamaah, pemerintah juga akan mengatur hal-hak tekhnis melalui pemerintah desa setempat.

“Nanti untuk kabupaten dan kecamatan kita akan tentukan tempatnya, Di Alun-Alun Tilamuta, sementara untuk desa menyesuaikan lokasinya” Tandasnya. (*/Surti)