Untuk Indonesia

Cakupan Air Bersih di Kabupaten Gorontalo Nyaris Lampaui Target

Dulohupa.id- Cakupan air bersih di Kabupaten Gorontalo nyaris mencapai 100 persen. Sekretaris Daerah (Sekda) yang juga menjabat (PLH) Bupati Gorontalo, Hadijah U Tayeb mengungkapkan hal itu saat meresmikan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) Desa Biluhu Tengah Kecamatan Biluhu, Jumat (19/2).

Katanya, dalam RPJMD 2016, cakupan air bersih di kabupaten tersebut berada angka 40 persen se-Kabupaten Gorontalo, namun saat ini cakupan tersebut meningkat hingga berada di angka 86,4 persen. Artinya, terjadi peningkatan persentase sebesar 46,4 persen. Angka ini pun katanya, nyaris melampaui target.

“Pada RPJMD di tahun 2016, cakupan air itu baru kurang lebih 40% se-Kabupaten Gorontalo. Tapi alhamdulillah dengan adanya PDAM dan Pamsimas ini kita sudah cakupan kita sudah berada pada 86,4 persen, dan maksimal sudah melampaui target,” ungkap Hadijah sekaligus menyerahkan Hibah insentif Desa (HID) tahun 2020.

Baca Juga:  Kasda, Aplikasi Transaksi Keuangan Nontunai di Kabupaten Gorontalo

Ia pun membeberkan, bahwa tercatat sejak 2008 hingga 2020, sudah ada setidaknya 141 unit pamsimas di Kabupaten Gorontalo. Ratusan Pamsimas itu kata dia, tersebar di 28 desa di seluruh kecamatan.

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pemerintah provinsi melalui BWS yang telah mengalokasikan pamsimas, karena tentunya air ini merupakan kebutuhan pokok kita,” ungkapnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) yang juga menjabat (PLH) Bupati Gorontalo, Hadijah U Tayeb

Hadijah mengimbau kepada seluruh masyarakat penerima manfaat dari Pamsimas, mampu menjaga dan merawat secara bersama, terutama pada catchment area.

“Paling tidak untuk menjaga pelestarian bersama, semua masyarakat mengumpulkan iuran untuk operasional perawatannya ataupun perbaikannya, namun harus dimusyawarahkan bersama kepala desa dan kelompok,” tambahnya.

Reporter: Dhedy Henga

Comments are closed.