Scroll Untuk Lanjut Membaca
PERISTIWAPOHUWATO

BPOM dan Dinas Kesehatan Pohuwato Sidak Dagangan Takjil di Marisa

240
×

BPOM dan Dinas Kesehatan Pohuwato Sidak Dagangan Takjil di Marisa

Sebarkan artikel ini
BPOM Gorontalo
BPOM Gorontalo dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato saat melakukan sidak pada penjual makanan diseputaran pasar tradisional Marisa/Hendrik Gani

Dulohupa.id – Tim terpadu dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato melakukan sidak ke sejumlah pedagang takjil di Kecamatan Marisa untuk memastikan makanan yang dijual bebas dari kandungan bahan dan zat berbahaya, Rabu (20/4/2022).

Koordinator Kelompok Subtansi Informasi dan Komunikasi, BPOM Gorontalo, Muindar, mengatakan pihaknya saat ini bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato, memeriksa dan menguji makanan takjil menu buka puasa.

“Tadi kita sudah mengambil 47 sampel takjil yang dijual sepanjang jalan ini, dari 47 sampel tersebut kita melakukan pengujian terhadap kandungan bahan berbahaya, yang biasa disalah gunakan pada bahan pangan,”ujarnya

Kata dia, dari keseluruhan makanan takjil buka puasa diuji dari kandungan pewarna, yaitu rhodamin B, vitamin yellow, boraks, dan formalin. Dan dipastikannya dari keseluruhan yang diuji tidak ditemukan makanan yang mengandung bahan berbahaya.

“Hasilnya barusan sudah selesai, seluruh sampel Alhamdulillah negatif, tidak ada yang menggunakan bahan berbahaya yang dilarang digunakan pada bahan makanan,” sambung Muindar

Pemeriksaan takjil atau menu buka puasa ini akan dilaksanakan diberbagai tempat yang ada di Kabupaten Pohuwato. Sebab menurut dia, sudah ada beberapa kabupaten dan kota yang sudah dilakukan pemeriksaan.

“Pemeriksaan pengujian makanan takjil buka puasa bukan satu hari saja, nanum setiap kabupaten dan kota akan dilaksanakan selama dua hari di masing-masing tempat. Apabila ditemukan makanan yang mengandung berbahaya, maka akan diberikan pembinaan terhadap pelaku yang memperjualbelikan itu,” tutup Muindar.

Reporter: Hendrik Gani