Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Biaya Rawat Satu Pasien COVID-19 Mencapai 184 Juta

DULOHUPA.ID- Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Hasbullah Thabrany membeberkan bahwa biaya rawat satu pasien COVID-19 mencapai 184 juta rupiah. Jumlah itu kata Hasbullah, dengan asumsi rata-rata lama perawatan 16 hari rawat inap.

Survey di sembilan Provinsi di Indonesia untuk mengkaji biaya pengobatan COVID-19, menemukan biaya  tertinggi mencapai 446 juta rupiah. Rata-rata dana yang dikeluarkan untuk mengobati satu pasien COVID-19 adalah 184 juta rupiah, dengan rata-rata lama perawatan 16 hari rawat inap,” kata Hasbullah belum lama ini.

Makanya kata dia, pandemi COVID-19 ini menimbulkan beban dan merugikan negara. Sebab, hingga kini perawatan pasien COVID-19 masih menjadi tanggungan negara yang yang dibebankan pada dana APBN.

Lebih lanjut katanya, pengeluaran negara mencapai 800 triliun yang bersumber dari APBN, APBD, dan dana desa. Jumlah itu untuk pengobatan hingga program pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Namun, apabila masyarakat disiplin melakukan gerakan 3M, kerugian negara bisa ditekan, dan dampak lainnya kasus COVID-19 pun juga menurun.

“Apabila kita menggunakan masker kain yang bisa dicuci, biayanya sangat murah. Mungkin satu hari tidak sampai 5.000 rupiah. Tapi begitu tertular COVID-19, katakanlah penghasilan kita 1 hari 100 ribu rupiah, selama dirawat 15 hari saja, maka kita kehilangan satu setengah juta rupiah. Lebih baik kita mengeluarkan 5.000 rupiah sehari dan mengupayakan disiplin 3M, daripada kehilangan satu setengah juta. Ini yang harus kita pikir panjang. Jangan hanya berpikir buat hari ini atau besok saja”, terang Hasbullah.

Menjelaskan soal Vaksin COVID-19 yang sedang dipersiapkan, Hasbullah menyatakan, ”vaksin sudah pasti lebih murah dibandingkan merawat atau mengobati. Dengan divaksin ini menguntungkan kita semua, kita menjadi tidak terkena virus dan kita tidak menularkan virus kepada orang lain, ini adalah amal karena mencegah orang lain jadi tidak kena musibah dari virus,”.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).