Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Biang Kerok Genangan di Shoping Center Limboto itu Bernama, Sampah!

DULOHUPA.IDGenangan air di kompleks Shoping Center Limboto, Kabupaten Gorontalo seolah menjadi pemandangan lumrah bagi warga ataupun pengunjung Shoping Center Limboto, saat memasuki penghujan. Bahkan, jika intensitas hujan cukup tinggi, ketinggian genangan di pusat perbelanjaan terbesar di Kabupaten Gorontalo itu, bisa mencapai 50 centimeter. Penyebabnya apa?, Sampah!.

Hal ini seperti yang terlihat kamis (29/10) sore. Usai diguyur hujan yang cukup lebat, air terlihat mulai menggenangi Pelataran Shoping Center Limboto. Bahkan jalan-jalan protokol yang ada di sekitar Shoping Center Limboto, ikut tergenang air. Akibatnya, sejumlah pengendara yang melintas terlihat sangat kerepotan. Bahkan ada beberapa warga yang terpaksa harus mendorong kenderaan roda duanya, akibat mogok.

Amina Hapili, salah seorang warga sekitar mengaku, genangan air di sekitar Shoping Center Limboto, sudah menjadi pemandangan utama warga sekitar saat memasuki musim penghujan. Penyebabnya tidak lain menurut Amina adalah tumpukan sampah yang menyumbat saluran air yang ada di sekitar Shoping Center Limboto.

“Kejadian ini (Genangan,red) sudah sering terjadi pak, bahkan kalau hujannya lama airnya bisa lebih tinggi dari yang ada sekarang,” tegasnya.

Sayangnya, hingga saat ini menurut Amina, belum ada solusi dari pihak berwenang, untuk menanggulangi persoalan ini. Padahal menurut Amina, jika curah hujan berlangsung lama, sering kali rumah warga sekitar ikut direndam air. (DADE)