Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Batal Berangkat, Setoran Haji Akan Dikembalikan

Dulohupa.id– Kementerian Agama bakal mengembalikan Biaya Perjalanan Ibadah Haji kepada Jemaah haji yang batal berangkat. Kebijakan ini menyusul keluarnya putusan pembatalan pemberangkatan Jemaah haji tahun 2020 oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Nilai manfaat dari setoran pelunasan itu juga akan diberikan oleh BPKH kepada jemaah paling lambat 30 hari sebelum pemberangkatan kloter pertama penyelenggaraan haji 1442H/2021M,” Ujar Fachrul Rozi, Menteri Agama Republik Indonesia, selasa (2/6)

Bersamaan dengan terbitnya KMA ini, lanjut Menag, Petugas Haji Daerah (PHD) pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini dinyatakan batal. Bipih yang telah dibayarkan akan dikembalikan.

“Gubernur dapat mengusulkan kembali nama PHD pada haji tahun depan,” urai Menag.

Hal sama berlaku bagi pembimbing dari unsur Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) pada penyelenggaraan haji tahun ini. Statusnya dinyatakan batal seiring terbitnya KMA ini. Bipih yang dibayarkan akan dikembalikan. KBIHU dapat mengusulkan nama pembimbing pada penyelenggaraan haji mendatang.

“Semua paspor Jemaah haji, petugas haji daerah, dan pembimbing dari unsur KBIHU pada penyelenggaraan ibadah haji 1441H/2020M akan dikembalikan kepada pemilik masing-masing,” tandasnya. (*/DP-02)