Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

BAPERA: Solusi Penanggulangan Covid-19 Saat ini, Hanya PSBB

Dulohupa.id– Putusan Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk memperpanjang pemberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di Provinsi Gorontalo, mendapat respond positif dari sejumlah kalangan. Hal ini dikarenakan, kebijakan PSBB menjadi salah satu solusi terbaik untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Ketua Bapera (Barisan Pemuda Nusantara) Provinsi Gorontalo, Susanto Liputo, minggu (17/5). Menurut tokoh pemuda yang juga salah satu penggiat organisasi sosial di Provinsi Gorontalo, perpanjangan masa PSBB merupakan salah satu keputusan, yang mau tidak mau harus diambil oleh pemerintah, dengan kondisi penyebaran Covid-19 di Gorontalo saat ini.

“Bapera mendukung kebijakan kelanjutan PSBB, Namun kami menyarankan agar Pemerintah Provinsi Gorontalo dapat memperhatikan wilayah yang termasuk zona merah, dengan cara membatasi aktivitas warga yang ada di Zona merah, agar semuanya bisa terkontrol,” ujarnya.

Langkah ini menurut Susanto, agar substansi dari tujuan pelaksanaan PSBB dapat tercapai dengan baik. Tak hanya itu, Susanto juga mengatakan, dalam pemberlakuan PSBB, tidak dapat dipungkiri, kepatuhan dan kesadaran masyarakat memiliki peran yang paling penting, agar PSBB maksimal untuk diterapkan.

“Pemerintah juga harus memperketat semua pintu masuk ke Gorontalo, baik Udara, Laut dan yang paling utama jalur darat, dan tolong warga Gorontalo yang masih di luar daerah, jangan dulu mudik atau pulang kampung” tegasnya.

Sementara itu, terkait polemik selama pemberlakuan PSBB, Susanto juga menghimbau kepada masyarakat, agar tidak mempolitisir masalah Covid-19, karena Covid-19 adalah musibah yang harus dituntaskan secara bersama.

“Ucapan terima kasih dan kebanggaan terhadap Gubernur Gorontalo dan Bupati/ Walikota bersama Forkopimda yang telah berupaya dalam mencegah penanganan Covid-19,” tandasnya.(*/DP-02)