Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Bantuan JPS Rp17,1 Miliar Mulai Ditransfer Oleh Pemprov Gorontalo di Kabupaten/Kota

Dulohupa.id – Sebanyak Rp.17,1 Miliar anggaran untuk membiayai bantuan Jaring Program Pengaman Sosial (JPS), mulai di transfer oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo, ke pemerintah kabupaten/kota. Transfer anggaran tersebut akan dilakukan sebanyak tiga kali yakni seminggu sebelum Ramadan, seminggu sebelum lebaran dan seminggu setelah idul fitri.

Kepala Badan Keuangan Huzairin Roham, mengungkapkan “Sejak kemarin sudah kita transfer ke daerah sesuai dengan daftar yang ada. Hari ini tinggal Boalemo yang masih dalam perjalanan untuk tandatangan dokumen,” ujarnya

Untuk tahap awal, bantuan ini menyasar 53.419 KPM. Pemerintah daerah sepakat untuk menanggungnya secara urunan. 60 persen total anggaran dibebankan ke pemprov, sisanya 40 persen ke pemerintah kabupaten/kota.

“Pemprov menanggung 32.051 KPM dengan total anggaran Rp17,12 miliar. Tahap pertama yang kita transfer Rp5,7 miliar,” imbuhnya.

Data tersebut bisa meningkat melihat situasi dan kondisi di lapangan. Pemerintah provinsi menunggu usulan kabupaten/kota jika ada penambahan data. Selanjutnya bantuan akan dibelanjakan dan didistribusi oleh pemerintah setempat. (adv)