Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Banjir Bandang Kembali Terjang Desa di Kecamatan Patilanggio, Pohuwato

Dulohupa.id – Banjir bandang kembali menerjang salah satu desa di Kabupaten Pohuwato, pada Sabtu (19/9) pukul 13:00 hingga 18:00 kemarin. Yakni Desa Manawa, Kecamatan Patilanggio. Dari informasi yang dihimpun dulohupa.id, banjir tersebut diakibatkan oleh drainase yang tersumbat, sehingga airnya meluap saat intensitas hujan tinggi.

Seorang pemuda setempat, Mohamad Wikal membenarkan hal tersebut, menurutnya, memang saluran air di desanya tersebut tersumbat oleh berbagai material. Sehingga alirannya yang besar, meluap dan merendam rumah-rumah warga.

“Hujan hari ini yang melanda Desa Manawa sangat lama dan cukup deras, dan menyebabkan air naik seperti sekarang ini,” kata Wikal melalui saluran telepon, Sabtu (19/9).

Wikal juga menyampaikan, “saat mengetahui air naik akibat hujan tadi, kami telah mengevakuasi beberapa warga yang terdampak, dan pemdes juga telah menyediakan tempat pengungsian kepada warga yang terdampak banjir,” terangnya.

Meski begitu, beberapa warga yang rumahnya terendam, justru memilih mengungsi dan tinggal sementara waktu di rumah keluarga dan kerabat terdekat.

“Iya, sudah disediakan oleh pemdes tempat untuk korban banjir, tapi korban memilih untuk tinggal di rumah keluarga mereka,” Wikal melanjutkan.

Sementara itu, Kepala BPBD Pohuwato, Ramon Abjdul, mengungkapkan, bahwa memang desa Manawa merupakan kawasan yang rawan banjir. Sehingga pihaknya sudah memeringati warga jauh-jauh hari untuk siap mengevakuasi diri jika terjadi banjir.

“Perhatian juga kami tujukan kepada seluruh masyarakat Patilanggio, wilayah ini selalu menjadi langganan banjir ketika curah hujan cukup tinggi. Dan kami juga menerima ramalan cuaca, bahwa untuk bulan September sampai dengan akhir tahun ini, akan terjadi curah hujan yang cukup ekstrem. Maka dari itu masyarakat harap selalu waspada dan berhati-hati,” pinta Ramon, ketika dihubungi melalui saluran telepon pada Kamis (17/9) saat banjir menerjang daerah Iloheluma, Patilanggio.

Reporter: Zulkifli Mangkau
Editor  : Wawan Akuba