Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Mendes PDTT Sebut Indonesia ke Depan Harus Dilihat Dari Desa

Dulohupa.id- Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim Iskandar menuturkan, pembangunan di desa menggambarkan bagaimana Indonesia ke depannya. Makanya itu, Indonesia ke depan harus dilihat dari desa, sebab kemajuan desa adalah gambaran Indonesia nantinya. Sehingga, pembangunan di desa harus mengedepankan pembangunan yang mengutamakan kearifan lokalnya dan kemanusiaan.

“Desa damai, desa Pancasila, desa aman, merupakan cita-cita Indonesia ke depan nantinya, agar tercipta kehidupan yang lebih baik,” kata Halim saat memberikan sambutan di acara Deklarasi Forum Pemuka Masyarakat Cinta Desa (ForPeace) yang juga dirangkaian dengan perayaan hari perdamaian internasional, yang dilaksankan di Desa Banuroja, kecamatan Randangan, Kabupaten Pohuwato, Sabtu (19/9)

Halim juga menuturkan, dalam pembangunan desa untuk Indonesia yang lebih baik ke depan, saat ini pemerintah tengah ikut dan menjalankan program Sustainable Development Goals (SDGs) atau pembangunan berkelanjutan. Untuk melaksanakan progam tersebut, pemerintah bahkan telah mengeluarkan peraturan presiden nomor 59 tahun 2017 tentang bagaimana tugas kementerian desa menerjemahkan SDG’s nasional sesuai dengan perpres 59 menjadi SDG’s desa.

“SDG’s desa harus kita laksanakan karena itu memberikan arah kemana pembangunan desa ke depan nantinya,” jelasnya.

Sebabnya, kata Halim, salah satu tugas yang harus dilaksanakan dalam SDG’s desa adalah, desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa yang peduli terhadap pendidikan, desa yang peduli lingkungan, dan desa yang memberikan apresiasi yang maksimal terhadap perempuan dan anak.

“Kalau semua itu menjadi rancangan dalam semua pembangunan kita di desa dari 74.953 desa yang ada di seluruh Indonesia, dan desa melaksanakan apa yang menjadi tugasnya masing-masing, maka saya yakin, tahun 2030 nanti, Indonesia menjadi Indonesia yang kita harapkan; Indonesia yang aman, tentram, rukun,” katanya lagi dalam sambutan.

Lanjutnya, “jika semua desa di Indonesia sudah sampai pada situasi yang kita harapkan, maka Indonesia adalah desa, dan desa adalah Indonesia. berangkat dari sini, saya akan tunjukan melalui forum-forum internasional, apalagi di forum UNDP, bahwa Indonesia layak untuk dikunjungi oleh negara-negara lain melalui pembangunan desa yang mengedepankan pembangunan berkelanjutan,” tutup Halim.

Reporter: Zulkifli Mangkau
Editor  : Wawan Akuba