Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Mendes PDTT: Desa Banuroja di Pohuwato Sebagai Wajah Kecil Indonesia

Dulohupa.id – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim Iskandar mengatakan, bahwa Desa Banuroja di Pohuwato sebagai wajah kecil Indonesia yang harmonis dan damai. Dalam sambutannya di Deklarasi Forum Pemuka Masyarakat Cinta Desa (ForPeace), Menteri Halim menyampaikan kekagumannya terhadap Desa Banuroja yang kaya akan etnis, suku, budaya, dan agama.

“Desa Banuroja ini sangat luar biasa, karena betul-betul mengidentifikasi diri sebagai orang Indonesia, apalagi tadi, sambutan yang diberikan kepada kami yang hadir, disambut dengan adat dan budaya, terus terang saya bangga dan terharu, kira-kira seperti inilah wajah Indonesia yang kita harapkan di masa yang akan datang,” terang Menteri Desa PDTT itu saat memberikan sambutan, Sabtu (19/9).

Kata Halim juga, Indonesia yang damai, Indonesia yang punya rasa toleransi, Indonesia yang punya rasa saling menghargai, sudah tergambarkan di Desa Banuroja ini. Sehingga “kalimat yang paling gampang untuk menggambarkan Indonesia adalah, Indonesia yang penuh dengan kemanusiaan. Karena kunci dari segalah kehidupan yang lebih baik itu ialah mengedepankan kemanusiaan,” tambahnya.

Dari wajah Desa Banuroja kata Halim, kita bisa melihat menjadi manusia yang betul-betul menjadi manusia yang sebenarnya, atau menjadi manusia yang hakiki.

“Apa yang kita harapkan semua, Indonesia yang damai, Indonesia yang tentram, Indonesia yang saling menghargai, dalam waktu yang tidak lama, akan dimulai dari Desa Banuroja ini,”

Lanjutnya, Desa Banuroja sendiri memiliki banyak kelebihan dibandingkan desa-desa lain, dan Desa Banuroja ini akan kita bawa ke desa-desa lain di seluruh Indonesia, dan akan dijadikan sebagai contoh wajah Indonesia ke depannya.

“Kami akan membawa desa Banuroja ini ke seluruh desa-desa di Indonesia, karena satu model penyelesaian dan pembangunan desa paling mudah dan paling murah adalah model replikasi. Akan saya tunjukan kepada desa-desa di seluruh di Indonesia, bahwa dari 74.953 desa di Indonesia, ada satu Desa di Gorontalo bernama Banuroja yang seperti ini modelnya, seperti ini rukunnya, seperti ini kompaknya,” tuturnya.

Ia juga menambahkan, Desa Banuroja harus ditiru oleh desa-desa lain yang ada di seluruh Indonesia, tentu dengan mempertimbangkan kearifan lokal masing-masing.Sebab, “yang paling penting dalam membangun desa itu ialah memperhatikan kearifan lokalnya, seperti yang ada di Banuroja ini,” jelas Halim dalam sambutan.

Kelak kata Halim, dunia harus melek terhadap desa-desa yang ada di Indonesia. Supaya tercipta keseimbangan informasi, jangan hanya buruknya yang diperkenalkan ke dunia, tapi juga yang baik-baik seperti yang ada di desa Banuroja ini mesti perkenalkan nanti kepada dunia.

“kita harus sadar bahwa ada desa di Indonesia yang sangat luar biasa seperti desa banuroja ini. Ini harus kita perkenalkan secara mendunia,” tutup Halim.

Reporter: Zulkifli Mangkau
Editor  : Wawan Akuba