Scroll Untuk Lanjut Membaca
HEADLINEKESEHATANPERISTIWAPOHUWATO

Awal Mula dan Penyebab Tingginya Kasus Malaria di Pohuwato

46
×

Awal Mula dan Penyebab Tingginya Kasus Malaria di Pohuwato

Sebarkan artikel ini
Malaria Pohuwato
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato, Fidi Mustafa saat ditemui di ruang kerjanya.foto: Hendrik Gani/Dulohupa

Dulohupa.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pohuwato, Gorontalo beberkan awal mula dan penyebab tingginya kasus Malaria di daerah setempat. Awal kasus Malaria meningkat teridentifikasi berada di wilayah pertambangan.

Kepala Dinas Kesehatan Pohuwato, Fidi Mustafa mengungkapkan, kasus pertama yang terdeteksi positif malaria yakni seorang penambang asal Warga Timika, Papua yang saat itu datang melakukan aktifitas pertambangan emas di wilayah Desa Hulawa, Kecamatan Buntulia, Kabupaten Pohuwato

Petugas kesehatan baru mengetahui setelah warga Papua tersebut dirawat di Rumah Sakit Bumi Panua Pohuwato.

“Didapat pada saat berobat. Sebelum dirawat, satu warga Papua itu sudah positif Malaria dan masuk melakukan aktifitas pertambangan di Pohuwato. Itu kasus pertama,” ungkapnya, Kamis (11/1/2024).

Baca Juga: Kasus Malaria di Pohuwato Meningkat, Banyak Korban dari Penambang

Sementara penyebab tingginya kasus Malaria, kata Fidi, karena Malaria itu adalah parasit. Parasit yang menimbulkan penyakit malaria sendiri terbagi empat, yaitu parasit Plasmodium Vivax, Plasmodium Ovale, Plasmodium Malariae, dan Plasmodium Palciparum. Setiap parasit pun mengandung gejala sakit tersendiri, dari yang ringan hingga berat.

banner