Untuk Indonesia

ASN Pohuwato Dilarang Bepergian saat Libur Nataru

Dulohupa.id– Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Pohuwato dipastikan tidak mendapat izin melakukan liburan atau sekadar balik kampung pada libur dan natal tahun baru nanti. Penyebabnya, karena pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 3 yang dipastikan mulai diberlakukan pada tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 mendatang.

PPKM Level 3 itu dilaksanakan sebagai upaya pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk menekan angka penyebaran covid-19 saat memasuki libur Nataru. 

Sekretaris Satgas Covid-19 Pohuwato, Ramon Abdjul, ikut mempertegas bahwa penerapan PPKM Level 3 diberlakukan serentak di seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Pohuwato. Saat PPKM diberlakukan, kata Ramon, seluruh ASN di Pohuwato dilarang melakukan kegiatan keluar daerah.

“Saat pengetatan itu berlaku maka seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga anggota TNI-Polri di Pohuwato dilarang pulang kampung atau mudik,” ujar Ramon saat diwawancarai di kantornya, Jumat (3/12).

Ramon menuturkan, saat PPKM Level 3 diberlakukan seluruh pintu masuk yang berada di setiap perbatasan akan dijaga ketat. Bahkan protokol kesehatan di setiap pintu masuk di kabupaten Pohuwato diperketat juga. Tak berhenti di situ saja, ASN yang kedapatan melakukan perjalanan melewati perbatasan provinsi akan dipaksa putar balik.

“Kalau kedapatan ASN dari Pohuwato keluar daerah itu di tahan. Semua pintu masuk perbatasan Provinsi itu ada pengetatan termasuk pelabuhan Paguat nanti akan ada pemeriksaan lagi antigen bagi penumpang,” tegasnya.

Ramon menjelaskan, pihaknya beserta forkopimda terkait akan melakukan rapat persiapan menjelang pemberlakukan PPKM Level 3 mendatang. 

“Hari Senin rapat rencananya kita akan rapat bersama Forkopimda akan membahas persiapan untuk PPKM Level 3, dan Insya Allah sebelum tanggal 23 itu sudah ada,” jelasnya.

Ia juga berharap, masyarakat Pohuwato tetap menjalankan protokol kesehatan dan mematuhi segala bentuk peraturan yang dibuat oleh pemerintah yang bertujuan untuk memutus penyebaran covid-19.

“Kita juga mengimbau masyarakat agar tidak lengah dengan keadaan dan terus menjalankan pola hidup sehat dengan menerapkan protokol kesehatan,” harap Ramon di akhir wawancara.

Reporter: Zulkifli Mangkau

Comments are closed.