Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Antisipasi Penularan Covid-19, KPU Bone Bolango Tunda 4 Tahapan Pilkada

 

Dulohupa.id –Mencegah Penyebaran Virus Corona atau Covid-19,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bone Bolango (Bonebol) tunda 4  tahapan Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) 2020.

Penundaan ini dilakukan setelah Kpu Bone Bolango melakukan Kordinasi dengan pemerintah daerah dan pihak Kepolisian, sesuai  dengan Surat Edaran KPU RI Nomor 8 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Keputusan KPU nomor 179 tahun 2020. Yang didalamnya berisi penundaan empat tahapan pemilihan kepala daerah.

“Berdasarkan SE poin (1) huruf (b), kami telah berkoordinasi dengan pihak yang berwenang, yaitu Kadis Kesehatan yang juga juru bicara pencegahan Covid-19, beliau memohon kepada KPU mempertimbangkan edaran pemerintah untuk tidak melaksanakan kegiatan yang melibatkan orang banyak, sekurang-kurangnya 20 orang”. Tukas Adnan Berahim, kepada wartawan Dulohupa.id saat di wawancarai di ruang kerjanya.

Sementara tambah adnan  hasil koordinasi dengan Polres Bone Bolangi, Kapolres tegas dengan apa yang menjadi Maklumat Kapolri tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus corona (Covid-19).

“ Keputusan penundaan 4 tahapan Pilkada Bone Bolango  sudah  di koordinasikan Bawaslu Bonebol sebagai lembaga pengawas penyelenggaraan tahapan” Tambah Adnan

Empat tahapan yang ditunda KPU Bone Bolango, diantaranya  Pelantikan PPS, Verifikasi Faktual, Pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), Pencocokan dan penelitian (Pencoklitan).

Bahkan pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang sedianya dilaksanakan pada Minggu (22/3/2020), ditunda sampai pada waktu yang tidak ditentukan (Erik )