Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

DLHK Akan Tinjau Tambang Emas di Gorontalo

DULOHUPA.ID- Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Gorontalo, akan meninjau lokasi tambang emas di Pohuwato. Baik tambang yang telah mengantongi izin, maupun tak berizin.

“Kami akan melakukan monitoring terhadap pemegang izin, monitoring ini dilakukan kepada mereka yang terdaftar sebagai peminjam izin pinjam pakai kawasan di Gorontalo,” ujar kepala dinas DLHK Provinsi Gorontalo, Faisal Lamakaraka, kepada Dulohupa.id, Kamis (19/11).

Menurut Faisal, peninjauan tersebut memang merupakan tugas dari DLHK setiap tahun.

“Satu tahun sekali akan kita monitoring semua izin-izin pinjam pakai kawasan. Jadi monitoring ini bukan hanya pertambangan saja, tapi semua. Peninjauan lokasi pertambangan sebagai bagian dari tugas DLHK untuk meninjau lokasi-lokasi pertambangan yang ada di seluruh Gorontalo termasuk Pohuwato.”

Faisal mengungkapkan, jika dalam monitoring tersebut pihaknya menemukan adanya aktivitas pertambangan yang tak berizin, maka ia akan segera melaporkannya.

“Jika ditemukan ada yang tidak punya izin akan dilaporkan. Akan kami buatkan laporan ke Kementerian langsung. Karena kami mengikuti sesuai regulasi yang ada.”

Menurutnya, hasil dari monitoring inilah yang akan memberikan informasi apakah aktivitas pertambangan di Gorontalo menggunakan logam berat seperti merkuri atau tidak.

“Jadi akan ketahuan apakah pertambangan tersebut menggunakan merkuri atau tidak,” jelasnya.

Sejauh ini kata Faisal, rata-rata Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Gorontalo belum pada tahap produksi.

“Masih sementara pengambilan sampel, dan pengurusan izin lain-lain, dan mereka juga sebagian masih dalam tahap kontruksi, belum ada yang produksi,” imbuhnya di akhir wawancara.

Reporter: Zulkifli Mangkau