Scroll Untuk Lanjut Membaca
AdvertorialGORONTALOUNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

AIDRAN dan UNG Gelar Diseminasi Hasil Penelitian Move It 2023

76
×

AIDRAN dan UNG Gelar Diseminasi Hasil Penelitian Move It 2023

Sebarkan artikel ini
Diseminasi Penelitian
Suasana usai kegiatan Diseminasi Hasil Penelitian Move It 2023. Foto: Indah/Dulohupa

Dulohupa.id – AIDRAN (Australia – Indonesia Disability Research and Advocacy Network) dan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menggelar Diseminasi hasil penelitian Move It 2023 di Tc Damhil UNG, Selasa (05/03/2024) Sore.

Kegiatan itu turut mengundang tidak hanya dari sektor pendidikan, dinas Sosial, dinas Kominfo, serta sejumlah pihak dari pendidikan Tinggi.

Manajer Program Move It 2023 AIDRAN, Rahmatul Furqan menjelaskan, kegiatan ini sebagai promosi inklusi digital untuk penyandang disabilitas di Indonesia Timur khususnya Provinsi Gorontalo. Penelitian telah dilakukan mulai bulan Juli dan pengambilan data di lapangan pada bulan Oktober 2023 lalu.

“Desiminasi hasil dari temuan-temuan kita dilapangan untuk menyampaikan rekomendasi terkait isu pendidikan karena inklusi ini adalah isu yang sangat kompleks karena melibatkan berbagai sektor ” Ujar Rahmatul Furqan.

Rahmatul menyampaikan berdasarkan hasil riset yang ditemukan oleh peneliti AIDRAN bahwa di Gorontalo masih terdapat kesenjangan antar siswa disabilitas dan non disabilitas dalam mengakses pendidikan dan pemanfaatan teknologi.

“Terutama pada saat Covid kemarin walaupun sudah mulai pembelajaran daring namun skill dan kemampuan penggunaan teknologi untuk proses pembelajaran itu masih tinggi jaraknya antara disabilitas dan non disabilitas. Pemahaman guru-guru juga dalam menjalankan pembelajaran inklusi masih harus perlu di tingkatkan” Ujarnya

“Dalam melakukan penelitian ini kami juga menemukan beberapa tantangan terutama dari segi data siswa disabilitas masih sangat sulit pendataannya jadi datanya belum menggambarkan kondisi dilapangan dan juga guru-guru di sekolah masih kesulitan ketika melakukan tugas pengelompokan jenis-jenis disabilitas” Tambahnya.