Scroll Untuk Lanjut Membaca
HEADLINEINTERNASIONALNASIONALPERISTIWA

4 WNI Berhasil Dievakuasi dari Jalur Gaza

69
×

4 WNI Berhasil Dievakuasi dari Jalur Gaza

Sebarkan artikel ini
WNI Gaza
Menlu Retno LP Marsudi memberikan keterangan pers mengenai evakuasi WNI dari Gaza, Jumat (03/11/2023). Foto Kemenlu

Jakarta – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi mengatakan bahwa pemerintah berhasil mengevakuasi empat warga negara Indonesia (WNI) dari jalur Gaza ke Kairo, Mesir. Keempat WNI tersebut adalah Abdillah Onim beserta 3 anak, dan istri yang merupakan warga negara Palestina.

Alhamdullillah, puji syukur, pada tanggal 2 November sekitar pukul 19.00 waktu Mesir atau sekitar pukul 00.00 3 November WIB, 4 WNI dan 1 istri WNI telah berhasil dievakuasi dari Gaza dan sudah tiba di Rafah,” ujar Retno dalam pernyataan persnya, Jumat (03/11/2023).

Setelah menempuh perjalanan sejauh 367 kilometer dari Rafah ke Kairo, para WNI tersebut beserta tim evakuasi tiba di Kairo sekitar pukul 03.00 dini hari waktu setempat. Menlu mengatakan, evakuasi 4 WNI dan 1 istri WNI ini bukan hal yang mudah.

“Di tanggal 1 November, WNI sudah berusaha menuju Rafah, namun harus kembali karena situasi sangat tidak kondusif. Di sepanjang jalan terjadi serangan-serangan. Mengingat situasi yang sangat tidak kondusif ini, maka kami bersepakat agar WNI kembali ke rumah mereka di Gaza Utara,” ungkapnya.

Pada tanggal 2 November upaya evakuasi kembali dilakukan namun kembali gagal karena situasi tidak memungkinkan. Retno menegaskan, keselamatan para WNI adalah prioritas dalam upaya evakuasi ini.

“Untuk ketiga kalinya, di tanggal 2 November siang hari, evakuasi dicoba kembali, dan alhamdullillah berhasil. Empat WNI dan 1 istri WNI sudah berhasil dievakuasi,” ujarnya.

Selain situasi keamanan, kata Menlu, jaringan komunikasi yang on and off semakin menyulitkan koordinasi dalam proses evakuasi.